TENJOLAYA – Menjaga resapan air, SOS Children’s Villages bersama sejumlah pelajar di Tenjolaya, beserta Pemerintah Kecamatan Tenjolaya melakukan penanaman pohon di kawasan Curug Ciputri yang terletak di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya.

Ketua SOS Children’s Villages Yudi Kartiwa menjelaskan, SOS Children’s Villages berkumpul di Bogor untuk melakukan pelatihan kesiapsiagaan untuk para vokal person dari semua lokasi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas

“Melibatkan parsitipasi remaja di Komunitas Tenjolaya serta melibatkan komonitas dalam rangka PRBK (Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas),” ujar Yudi.

Ia berharap, vokal person termasuk pendamping dari masing-masing lokasi punya kapasitas kemampuan bagaimana menghadapi kebencanaan di area masing-masing.

“Kami di kantor nasional bagaimana membuat rencana terintrigasi untuk bisa meningkatkan kapasitas anak-anak, ibu-ibu dan para keluarga yang kami dampingi dari SOS Children’s Villages ini, jadi ketika ada bencana sudah tau harus melakukan apa yang pada intinya,” jelasnya.

Kami bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini BNPB Pusat, BPBD Bogor dan juga dari NJO, serta rekan-rekan yang lain ikut memberikan pelatihan.

“Agar warga juga ikut berpartisipasi bagai mana mengenal areanya masing-masing kerentanan apa yang ada di daerahnya, sehingga bisa bekerja sama dengan pemangku kepetingan mulai dari tingkat, RT, RW kecamatan untuk sadar akan terjadinya potensi bencana,” harapnya. (khr/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here