Limbah Produksi Bau, Warga Geruduk PT Indolakto

by -

METROPOLITAN – Akibat bau limbah menyengat yang muncul dari PT Indolakto, puluhan warga Kampung Sindangpalay, RT 06/06, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, yang terdiri dari ibu-ibu serta anak-anak, menggeruduk kantor perusahaan tersebut, kemarin. Sebab, bau yang menyengat itu tercium sejak tiga bulan terakhir.

Seluruh warga Sindangpalay setiap hari terpaksa menghirup aroma tak sedap yang muncul dari kawasan industri di Jalan Raya Siliwangi Pasawahan, Kecamatan Cicurug. “Kalau boleh bilang jujur, sejak berdirinya PT Indolakto, bau seperti sudah terjadi. Warga sering demo namun tidak ada solusinya sampai sekarang,” kata salah seorang warga sekitar, Desi.

Menurut Desi, warga sekitar merasa tak nyaman karena polusi udara yang ditimbulkan dari limbah produksi PT Indolakto. “Jadi aksi spontanitas warga hari ini yakni menuntut agar pihak perusahaan bisa melakukan upaya mengatasi bau tak sedap dari limbah tersebut,”ungkapnya.

Selain itu, warga menuntut pihak perusahaan bisa menerima tenaga kerja dari warga lingkungan sekitar pabrik untuk menjadi karyawan. “Jangan sampai mayoritas pekerja yang ada di perusahaan tersebut berasal dari masyarakat luar, bukan warga Sindangpalay,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT 06 Dadang mengatakan, meski perwakilan warga telah bertemu manajemen PT Indolakto, aksi spontanitas yang dilakukan warga belum menemukan titik terang. “Yang jelas mereka berjanji dalam waktu dua hari akan memberi jawaban terkait aksi warga yang menyampaikan aspirasinya,” paparnya.

Tak hanya warga Sindangpalay yang diteror bau tak sedap dari pabrik tersebut. Ketua RT 01/04, Kampung Cibebergirang, Desa Tenjoayu, Saprudin, juga mengeluhkan hal sama. Ia mengaku tempat tinggalnya bukan yang terdekat dengan pabrik susu Indolakto, namun bau menyengat tercium hingga ke lingkungannya. “Jadi sampai radius satu kilometer pun bau limbahnya masih tercium,” katanya.

Ia pun mengaku kesal lantaran perusahaan yang dinilainya besar itu tidak bisa mengatasi pengelolaan limbah cairnya dengan baik. “Limbah bau yang ditimbulkan sudah terjadi sejak lama,” terangnya. (kng/ade/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *