Link Banner

 

METROPOLITAN – Dengan jumlah kursi DPRD Kabupaten Bogor yang bertambah menjadi 55 kursi, diperkirakan akan ada 880 calon legislatif (caleg) dari 16 partai politik (parpol) yang maju di pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Kondisi ini diprediksi akan membingungkan pemilih khususnya di Kabupaten Bogor. Sebab, pemilih di Kabupaten Bogor dianggap masih didominasi pemilih tradisional dan kemungkinan yang memilih dengan melihat rekam jejak caleg hanya sekitar 10 persen.

“Kalau seluruh parpol mengisi 100 persen calegnya akan sangat banyak. Tapi masalahnya masyarakat kita tidak ada urusan dengan rekam jejak  para calon, hanya 10 persen yang akan membaca rekam jejak. Itu ada di pemilih tengah. Sementara di pinggiran masih didominasi pemilih tradisional. 10 persen ini yang cerdas dan bertanggung-jawab dalam pemilih,” kata pengamat politik Yusfitriadi.

Sebetulnya, ada sisi positif dari banyaknya caleg yang maju yaitu minat terhadap politik semakin tinggi. Namun, dengan kuota yang banyak, parpol hanya akan memikirkan kuantitas caleg yang akan maju karena tidak ada mekanisme seleksi yang jelas.

“Yang menarik usai Pilbup Bogor ini, siapa yang memiliki investasi besar saat Pilbup akan menjadi nominasi untuk maju. Misalkan timses, donatur atau tokoh. Yang tidak berinvestasi bisa terlempar dan kesiapan keuangan jadi salah satu penentu parpol juga untuk mengusung caleg,” terangnya

Selain itu, lelaki yang akrab disapa Kang Yus ini menilai dominasi pemilih tradisional menyebabkan peluang caleg terpilih masih akan didominasi caleg-caleg lama atau anggota DPRD terpilih sebelumnya yang maju kembali. Caleg-caleg baru yang ketokohannya kurang ataupun amunisi politiknya terbatas besar kemungkinan akan tersingkir.

“Dalam konteks Kabupaten Bogor yang didominasi pemilih tradisional, saya melihat caleg lama yang masih akan manggung. Karena balik lagi ke tadi, masyarakat kita pelupa. Udah nggak lagi track record selama menjabat sebalumnya apakah aspiratif atau tidak. Yang terpenting saat ini, kuat nggak amunisi mereka,” pungkasnya. (fin/b/sal)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here