Musim Kawin, Puluhan Calon Pengantin Digojlok

by -6 views

CARINGIN – Sebanyak 25 pasangan calon pengantin diberikan bimbingan perkawinan di ruang aula Kantor Urusan Agama(KUA) Kecamatan Caringin. Pelaksanaan bimbingan perkawinan ini diadakan untuk para masyarakat yang akan atau belum menikah namun telah siap untuk membangun mahligai rumah tangga.

Kepala KUA Kecamatan Caringin Duduh menerangkan, Bimbingan Perkawinan(Bimwin) bagi calon pengantin sesuai surat edaran dari Kementrian Agama pusat. Dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas pernikahan yang sesui dengan Undang-undang no 1 tahun 1974 dan peraturan pemerintah tahun 2009, bahwa pernikahan harus bertujuan baik.

“ini juga sesui surat edaran dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Surat ini berlaku di seluruh Indonesia,maka kami langsung melaksanakanya. Dengan peserta sebanyak 25 orang, kami menyebutnya kursus calon pengantin(Suscatin). Para peserta sudah mendaftarkan diri di KUA untuk melangsungkan ijab kobul,” katanya kepada Metropolitan. Materi bimbingan, lanjut dia, antara lain mengenai kehidupan berumah tangga yang baik dan benar. Termasuk ketika menghadapi masa masa sulit atau problem yang muncul dalam berumah tangga.

Dia menambahkan, suksesnya perkawinan berasal dari siapnya para pasangan hidup. Membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah,sehingga ketika timbul problem dalam rumah tangga mereka telah siap lahir batin. “Ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya perceraian dalam rumah tangga. Bekal ini sangat diperlukan untuk mereka dapatkan. Mereka juga harus sadar bahwa berumah tangga bukanlah hal yang mudah. Menyatukan dua kepala dalam satu tujuan butuh saling pengertian,” ujarnya lagi. Usai mendapatkan bimbingan, para peserta mendapatkan sertifikat sebagai tanda sudah mengikuti bimbingan pra nikah. (nto/b/suf)

DIGEMBLENG : Para calon pengantin mendapatkan bimbingan dari pihak KUA Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Para peserta diberikan bekal dalam mengarungi mahligai rumah tangga.