METROPOLITAN– Masih ingat dengan kematian seorang copywriter muda, Mita Diran, akibat tiga hari bekerja terus-menerus? Ya, orang yang kerap kerja lembur hingga larut malam tak boleh lalai menjaga kesehatannya.

Menurut dokter gizi klinik Samuel Oetoro, gizi dan pola makan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat harus bekerja lembur.

Gizi yang diasup harus seimbang, dan porsinya pun cukup, tidak kekurangan ataupun berlebihan.

Pola makan pun harus teratur, meskipun dapat disesuaikan pada jam kerja.

“Jumlah yang dimakan perlu disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, usia, aktivitas fisik, dan otak. Jenis makanan pun perlu diperhatikan agar kebutuhan gizi tercukupi,” ujar Samuel.

Samuel menjelaskan, makanan yang dibutuhkan oleh para pekerja adalah yang mengandung gizi lengkap, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Namun, sumber zat gizi pun perlu diperhatikan, misal karbohidrat perlu berasal dari bahan-bahan pangan dengan karbohidrat kompleks, misalnya beras merah, beras hitam, roti gandum utuh, atau kentang dengan kulit.

Sementara itu, protein perlu didapat dari sumber-sumber yang tinggi protein, tetapi minim lemak.

“Tentu saja untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, orang harus banyak makan sayur dan buah,” imbuhnya

Di samping memperhatikan zat gizi, Samuel juga menekankan pada pola makan yang sesuai bagi pekerja yang kerap lembur. Jika harus bekerja hingga larut malam bahkan pagi hari, dia menyarankan untuk menambah waktu makan menjadi empat kali sehari, satu waktu makan dilakukan di larut malam

Meski menambah waktu makan, lanjutnya, jumlahnya tetap sama dengan yang direkomendasikan. Misalnya seseorang memiliki kebutuhan makan 2.000 kalori per hari. Jumlah tersebut, bila dibagi empat, maka setiap makan kira-kira jangan sampai melebihi 500 kalori.

“Tambahan waktu makan pada malam hari itu sebaiknya juga tetap mengandung zat gizi yang seimbang seperti waktu-waktu makan yang lain,” pungkasnya.(de/feb/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here