METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tak kunjung menyerap Rp11 miliar dana Bantuan Provinsi (Banprov) DKI Jakarta tahun 2018. Meski sudah masuk kas daerah (kasda) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dana itu belum bisa dicairkan.

Kepala BPKAD Kabupaten Bogor Didi Kurnia menjelaskan, hingga semester pertama tahun ini pihaknya masih menunggu detail program dari dinas teknis sebelum mencairkan dana itu. “Masih proses untuk penggunaannya. Dari DKI sudah minta item-item yang akan dijadikan kegiatan. Titik-titiknya juga sudah ada. Tapi detailnya ada di Dinas teknis yah,” ujar Didi kepada Metropolitan.

Sebelumnya, Bupati Bogor Nurhayanti mengungkapkan jika Banprov DKI itu digunakan untuk pengadaan alat-alat pengangkut sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan Cisadane. “Kita ada program jaring sampah apung di 13 titik. Nah, sampah yang dikumpulkan nanti diangkut menggunakan truk. Truknya menggunakan uang dari DKI itu. Tahun depan nanti diprogramkan lagi,” terangnya.

Namun, bagi Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah anggaran sebesar sangat minim, terutama dalam membenahi hulu Sungai Ciliwung sebagai upaya penanganan banjir. “Namanya juga dikasih. Kalau dibilang cukup, ya tidak cukup. Karena program kita juga banyak untuk membenahi kantung-kantung air di hulu,” kata dia.

Pada sisi lain, pemkab juga bersyukur karena bantuan turun tepat waktu. Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya saat pemkab mendapat kucuran banprov hingga Rp60 miliar namun tidak terpakai karena cair jelang akhir tahun anggaran. “Tahun-tahun sebelumnya memang bisa sampai puluhan miliar. Mungkin karena pergantian gubernur jadi kebijakannya juga beda. Karena perlu persetujuan dari DPRD juga kan,” paparnya.

Dengan anggaran yang ada saat ini, kata dia, bakal digunakan membeli dump truck (truk sampah), memasang jaring sampah apung di Sungai Ciliwung, bantuan Rumah Potong Hewan (RPH). “RPH karena juga pemasok daging untuk DKI. Dari dana itu juga dipakai unuk RSUD Ciawi. Kebetulan kalau untuk jaring apung, memang DKI responnya cukup baik,” ungkapnya. (mul/a/mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here