METROPOLITAN – Hingga hari ke-13 pendaftaran sejak dibuka 4 Juli lalu, baru ada dua partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor. Padahal, pendaftaran akan ditutup besok (17/7). Diprediksi, pendaftaran akan membludak pada hari ini dan besok di menit-menit terakhir.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Ummi Wahyuni mengatakan, dua partai yang sudah mendaftar yaitu Partai Perindo pada 14 Juli dan Partai garuda pada 15 Juli. Artinya, masih ada 14 parpol peserta pemilu yang belum mendaftarkan bacalegnya untuk kursi DPRD Kabupaten Bogor.

“Hari ini (kemarin, red) satu partai, sehari sebelumnya juga satu partai jadi total baru dua partai yang mendaftar. Sisa waktu 2 hari, hari terakhir kami buka sampai pukul 00:00. Memang ada potensi kami akan kewalahan di hari-hari terakhir, mengingat dari 16 partai, baru dua yang mendaftar,” kata Ummi saat ditemui Metropolitan di kantor KPU Kaupaten Bogor, kemarin.

Padahal, Ummi melanjutkan, KPU telah mengkomunikasikan ke parpol baik lewat telpon maupun lewat tim penghubung masing-masing agar segera mendaftar. Namun menurutnya, para parpol beralasan masih melengkapi berkasa dan ada yang ingn daftar secara serentak dengan di pusat.

“Rata-rata katanya semua menunggu kelengkapan. Padahal kami berharap tidak di last minutes biar diperiksa dulu. Ada juga parpol yang menunggu instruksi langsung dari pusat biar daftarnya serentak. Kemunngkinan membludkanya di dua hari terakhir besok,” ungkapnya.

Setelah masa pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi administrasi daftar calon pada 5 – 18 Juli 2018. Dilanjut penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada parpol 19-20 Juli. 22-31 Juli perbaikan daftar calon anggota serta pengajian bakal calon pengganti. 1-7 Agustus verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon. 8-12 Agustus penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS). 12-14 Agustus pengumuman DCS anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dan persentase keterwakilan perempuan. 12-21 Agustus masukan dan tanggapan masyarakat. 22-28 Agustus permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS. 29-31 Agustus penyampaian klarifikasi dari parpol kepada KPU. 1-3 September pemberitahuan pengganti DCS. 4-10 September pengajuan penggantian bakal calon. 11-13 September verifikasi pengganti DCS. 14-20 September penyusunan dan penetapan DCT. (fin/b/sal)

SAMBUT PILEG 2019: KPU Kabupaten Bogor saat menerima pendaftaran bacaleg. Hingga kemarin (15/7), baru dua partai yang mendaftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here