METROPOLITAN – Sudah satu pekan, 16 parpol di Kota Bogor belum menyerahkan juga berkas daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor. Padahal, batas waktu yang telah diberikan KPU Kota Bogor untuk pendaftaran di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sampai 17 Juli 2018.

Ketua KPU Kota Bogor Undang Suyatna mengatakan, sejauh ini belum ada parpol yang datang ke KPU untuk mendaftar. Kemungkinan, parpol baru mulai akan mendaftar di detik akhirnya karena masih ada berkas yang harus di lengkapi oleh Bacaleg. “Sampai hari ini belum ada yang daftar, namun kita tetap tunggu sampai batas akhir penyerahan berkas 17 Juli, mendatang,” ujar Undang kepada Metropolitan, kemarin.

Undangan menambahkan, para caleg yang mendaftar lewat parpol harus memperhatikan persyaratan yang dibutuhkan. Sehingga tidak ada yang terlewat saat penelitian administrasi nantinya. “Syarat daftar di pileg 2019 harus memenuhi syarat dari mulai kesehatan, bebas narkoba, legalisir ijazah dan mendaftar di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU,” bebernya.

Dalam tahapannya, ia mengungkapkan, KPU juga akan mengumumkan bakal calon anggota legislatif ke masyarakat terkait rekam jejak dan lainnya. KPU juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi tanggapan yang nantinya menjadi pertimbangan KPU. “Kami umumkan ke masyarakat terkait track record dan lainnya untuk ditanggapi. Kami menerima tanggapan masyarakat. Jika tidak ada masalah nanti masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT),” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kota Bogor, Sopian Ali Agam menegaskan partainya siap bertarung dalam Pemilihan Legislatif 2019. Saat ini masih tahap pemberkasan dan langsung di serahkan ke DPD Jabar, setelah lengkap baru diserahkan berkasnya ke KPU Kota Bogor.

Saat ini pihaknya telah menerima 64 bacalag yang menyatakan siap bertarung dalam Pileg 2019 mengendarai Partai Gerindra. Bahkan dirinya menargetkan 30 persen kader perempuan dari Gerindra bisa meraih kursi. “Sebelum 17 Juli kita akan serahkan daftar bacaleg tersebut, kami menargetkan bisa meraih 15 kursi dalam Pileg 2019 nanti, dan minimal tiga kursi dari lima dapil,”ujar Sopian.

Sesuai tahapan Pileg 2019, setelah masa pendaftaran KPU akan melakukan verifikasi administrasi daftar calon pada 5 – 18 Juli 2018. Dilanjut penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada parpol 19-20 Juli. 22-31 Juli perbaikan daftar calon anggota serta pengajian bakal calon pengganti. 8-12 Agustus penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS). 12-14 Agustus pengumuman DCS anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dan persentase keterwakilan perempuan. 12-21 Agustus masukan dan tanggapan masyarakat. 11-13 September verifikasi pengganti DCS. 14-20 September penyusunan dan terakhir penetapan DCT. (ads/c/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here