METROPOLITAN -Kasat Binmas Polres Bogor, AKP Doddy Rosjadi didampingi Kapolsek Sukamakmur IPTU Hendra Kurnia, melaksanakan penyerahan akta kelahiran gratis di daerah yang masih terisolir tepatnya di Kampung Mulyasari, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, (13/7).

Kegiatan pembagian akta gratis tersebut dilaksanakan secara kolektif yang diserahkan langsung oleh Polwan cantik Anggota Binmas Polres Bogor Bripda Sindy dan Bhabinkamtibmas Desa Sukamakmur, Brigadir Buana Adi Putra.

Kasat Binmas Polres Bogor AKP Doddy Rosjadi, SH., mengatakan, akte kelahiran tanpa persyaratan akta nikah ini di buat dengan cara mengunakan keterangan dari Kepala Desa Sukamulya dan Camat Sukamakmur.

“Binnya bukan bapak tetapi ibu kandungnya, karenakan mayoritas warga tidak mempunyai akta nikah,” jelasnya.

Dijelaskan Doddy, untuk aturan penerbitan akta kelahiran, apabila terlambat mendaftarkan dikenakan denda sebesar Rp.10.000, denda tersebut dibayarkan oleh Kapolres Bogor.

“Akta kelahiran yang diserahkan sebanyak 100 buku, kemarin sudah dibagikan, selanjutnya yang 50 buku ditahap kedua,” ujarnya.

Hal ini membantu sekali masyarakat terisolir yang keadaannya saat ini belum terdapat aliran listrik, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya pengurusan dan denda.

“Atas perintah Kapolres Bogor, semua dilayani dan diurus oleh anggota Bhabinmas Polsek Sukamakmur,”tukasnya. (ads/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here