Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor sedang menyiapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Pleno terbuka penyusunan DPSHP di tingkat PPS akan dilaksanakan pada 18 Juli, di tingkat PPK 19 Juli dan tingkat KPU Kabupaten Bogor pada 22 Juli.

Laporan : Arifin Nur

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Erik Fitriadi mengatakan, DPSHP yang akan ditetapkan merupakan penambahan daftar pemilih pada rekapitulasi di Kabupaten Bogor saat Pilkada 2018 ditambah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Ada juga penambahan hasi masukan dari masyarakat.

“Sekarang sudah mulai kelihatan angkanya. Kalau daftar pemilih kemarin 3.338.344 dan akan ada tambahan dari DPTb sebanyak 77.602,” kata Erik kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut Erik, jumlah tersebut masih berpotensi bertambah terus karena daftar pemilih bersifat dinamis. Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sendiri masih cukup lama yaitu sekitar Agustus mendatang.

“Dari DPSHP ini kan nanti ada lagi DPSHP hasil perbaikan, hasil saringan dari data data pemilih yang sudah meninggal, pindah atau lainnya,” terangnya.

Dengan sisa waktu yang ada, Erik juga meminta kepada PPS dan PPK lebih teliti dan cermat dalam menyusun DPSHP.

“Kami berharap PPK dan PPS memaksimalkan waktu yang ada untuk mendapatkan data yang berkualitas, data yang faktual sesuai dengan apa yang ada di lapangan,” harap Erik.

Senada, Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto memastikan daftar pemilih untuk Pemilu 2019 akan meningkat dari DPT Pilkada 2018 lalu. Hal ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari pemilih yang sudah masuk usia 17 tahun pada saat Pemilu 17 April nanti, adanya progres perekaman KTP-el dan penambahan dari DPTb saat Pilkada 2018. Penetapan daftar pemilih ini juga sangat penting lantaran berpengaruh terhadap penyediaan logsitik seperti surat suara dan lainnya.

“Jumlah daftar pemilih mempengaruhi jumlah logistik, jadi sebelum masuk DPT kami harus sudah punya gambaran. Kami mengharapkan daftar pemilih Pemilu 2019 lebih baik dari sebelumnya,” tandas Haryanto. (fin/b/sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here