News, Sport and Lifestyle

Situ Tonjong Aset Kekayaan Alam Desa Tonjong

METROPOLITAN – Situ Tonjong dengan luas kurang lebih enam hektare merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat berharga bagi warga Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

Untuk menjaga kebersihan dan perawatan situ, kegiatan bebersih pun selalu digalakan dengan cara memungut sampah dan mengadakan oenanaman bibit pohon. Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan (Kaur Ekbang) Desa Tonjong Budi Aspuji mengatakan, kegiatan ini dikerjakan bersama aparatur Desa Tonjong beserta petugas dan warga setempat

“Tujuan penanaman pohon ini sebagai ruang penyerapan agar air tidak meluap, khususnya pada musim hujan. Sedangkan pemungutan sampah agar kawasan situ terlihat indah dipandang mata,” ungkapnya.

Budi sapaan akrabnya menjelaskan, program bebersih Situ Tonjong memang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir untuk terjaganya perawatan.

“Selain itu, dengan kondisi yang bersih dan asri diharapkan warga merasa nyaman dan bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik,” papar Budi.

Ia memaparkan, pada kesempatan itu terdapat pula kegiatan tabur ikan agar Situ Tonjong bisa diberdayakan untuk menjadi wadah budi daya ikan di tahun-tahun mendatang.

“Desa Tonjong sendiri sebelumnya memang memiliki potensi di bidang perikanan budi daya bibit ikan gurame, khususnya di wilayah RT 03/10 dan sudah ada sejak puluhan tahun silam dan terus dikembangkan hingga kini,” bebernya.

Penjualannya, kata Budi, sudah menembus pangsa pasar di area Jabodetabek. Ia mengaku dengan potensi yang kaya itu, Desa Tonjong dapat semakin maju, mandiri serta sejahtera di lingkup ekonomi masyarakat sekitar. (yos/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *