News, Sport and Lifestyle

Sungai Cibolang Beracun

CIGUDEG–  Sungai Cibolang di Kampung Saman Doyong Rangganis, Desa Cintamanik, Kecamatan Cigudeg kondisinya kian hari semakin memprihatinkan. Pasalnya, sungai ini begitu kotor dan berbau bahan kimia yang diduga menyebabkan beberapa warga gatal-gatal. Terlebih, masyarakat sekitar memanfaatkan sungai itu untuk mandi, cuci pakaian, serta berwudhu.

Diduga, sungai ini mengandung banyak limbah dari pabrik yang berada di Cigudeg. Salah seorang warga setempat Yoyoh (50) ketika ditemui saat mencuci pakaian di pinggir sungai tersebut. Ia mengaku, bingung dengan orang atau oknum perusahaan yang telah mencemari sungai ini.

“Kami warga disini menanti ketegasan dari pemerintah untuk menindak tegas mereka yang telah mencemari sungai ini,” ujar Yoyoh.

Menurutnya, air yang tercemari dari limbah tersebut berasal dari PT atau pabrik, maupun para penambang emas liar.

“Selain pencemaran  membuat air tidak bisa digunakan lagi, juga membuat ikan-ikan pada mati,” cetusnya.

Sementara itu, Rahman (45) warga sekitar menginginkan agar pemerintah segera mengambil tindakan tegas. Terlebih, sungai ini sudah lama tercemar.

“Kami pemerintah itu ada tindakan yang nyata, karena masyarakat banyak yang menjadi korban terkena penyakit gatal-gatal,” pungkasnya. (khr/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *