Link Banner

 

METROPOLITAN – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bogor untuk Pemilu 2019 yang terdiri dari Pemilihan Legsilatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mencapai 14.935 TPS. Jumlah ini menjadi yang terbanyak untuk tingkat kabupaten di Indonesia.

Berdasarkan data yang diperoleh Metropolitan, kecamatan yang paling banyak TPS-nya yaitu Kecamatan Cibinong. TPS di pusat kota Kabupaten Bogor ini jumlahnya mencapai 1.009 TPS. Selanjutnya Kecamatan Gunungputri dengan 899 TPS, Kecamatan Bojonggede 736 TPS, Kecamatan Cileungsi 684 TPS, Kecamatan Citereup 546 TPS dan Kecamatan Sukaraja 505 TPS. Sementara untuk kecamatan lainnya jumlahnya bervariasi dengan TPS paling sedikit sebanyak 160 TPS yaitu di Kecamatan Tanjungsari dan 196 TPS di Kecamatan Cariu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, jumlah tersebut dua kali lebih banyak dari TPS Pilkada 2018 yang jumlahnya 7.635. Hal ini disebabkan lantaran saat Pilkada, maksimal Jumlah Pemilih Tetap (DPT) per-TPS sebanyak 800 pemilih. Sementara untuk Pemilu 2019 DPT per-TPS maksimal 300 pemilih.

“Jumlah TPS Kabupaten Bogor hampir 15.000, dua kali lipat dari Pilkada dan ini sudah fix,” kata Haryanto kepada Metropolitan.

Dengan jumlah tersebut, Kabupaten Bogor menjadi wilayah dengan TPS terbanyak untuk tingkat kabupaten. Untuk terus meningkatkan kinerja KPU, Haryanto mengaku akan melakukan evaluasi menyeluruh usai Pilkada pada akhir Juli ini. Evaluasi dilakukan mulai dari sumber daya manusia (SDM) mulai dari PPK, PPS hingga di KPPS, daftar pemilih hingga pengelolaan logistik.

“Kita memegang rekor lagi untuk TPS terbanyak di Indonesia untuk kabupaten. Dengan TPS yang banyak, kami juga pasti membutuhkan ruangan yang lebih besar untuk logistik. Kami juga akan mengundang semua untuk evaluasi demi perbaikan Pileg dan Pilpres ke depan,” tandasnya. (fin/c/sal)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here