Wanita Mirip Nining Pernah Terjaring ODGJ

by -8 views

Metropolitan – Kemunculan Nining Sunarsih (53) yang sempat dinyatakan hilang 1,5 tahun silam masih jadi teka teki. Bukan hanya polisi yang turun. Panti sosial yang bergerak di bidang rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga ambil peran mengusut sosok Nining.

Adalah Yayasan Aura Welas Asih yang ikut mengungkap sosok wanita mirip Nining pernah terjaring ODGJ di Palabuhanratu. Ketua Yayasan Aura Welas Asih Denny Solang mengaku masih menyimpan fotonya. “Saya lihat sendiri dan perlihatkan ke pengurus-pengurus panti, mereka juga bilang mirip Ibu Nining ini,” ujar Denny, Selasa (3/7).

Dari foto yang didapat, sosok wanita tersebut terlihat memiliki bentuk wajah mirip dengan Nining. Begitupun dengan gaya rambutnya. Dalam foto, wanita ODGJ ini mengenakan kaos biru muda dan abu-abu. Dia juga membawa gembolan sarung warna merah.

Denny menjelaskan, wanita mirip Nining itu terjaring razia ODGJ di Palabuhanratu. Dia tak menyebut titik tepat lokasinya. Hanya antara kantor Desa Citepus hingga Pasar Cisolok di Kecamatan Cisolok.

“Waktu itu yang saya ingat November 2017. Kita sisir sampai Pasar Cisolok. Yang terjaring razia itu kalau nggak salah ada enam orang, dua wanita, salah satuya yang mirip Ibu Nining,” tutur Denny.

Selama di panti, wanita itu tidak bisa diajak komunikasi. Hanya terdiam saat diajak bicara. Termasuk ketika ditanya nama. “Diam saja. Makanya kami kasih kode panggilan X12,”terang Denny.

Wanita itu tinggal di panti selama dua bulan. Dia kabur saat panti mengalami kesulitan keuangan pada Januari 2018. “Yang khas dari dia itu bawa gembolan. Sejak dijaring hingga kabur, itu gembolan tidak boleh kami ambil. Sempat ada yang cek, isinya pakaian,”jelasnya.

“Waktu Januari itu, gerbang panti sengaja kami buka. Ada delapan orang yang pergi, empat orang di antarnya tidak balik lagi, termasuk wanita itu,” tambah Denny.

Namun, Denny tidak ingat pakaian terakhir kali yang dikenakan wanita itu saat kabur. Yang jelas, pengurus panti sudah mengurus dan mengganti pakaiannya.

Selama diurus di panti sekitar dua bulan, ada sedikit perkembangan kondisi kejiwaan dari wanita itu. Meski tak bisa diajak komunikasi, tetapi patuh jika disuruh pengurus. “Misalnya kalau nyuci piring bareng-bareng yang lain, ya dia mau,”ujarnya.

“Kalau yang pertama ketemu ya kaya ODGJ lain, kumal. Di panti kami rawat, dimandiin, termasuk diganti bajunya,” imbuh Denny.

Saat ini, Nining masih dirawat di ruang Korpri Melati Atas RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi. Informasi soal ODGJ yang disebut mirip Ibu Nining pun sampai ke telinga keluarga.

Wanda (23), anak Nining, sempat melihat foto wanita yang disebut mirip dengan ibunya. Dia hanya menjawab singkat. “Itu bukan ibu saya, beda kok,” kata Wanda.

Wanda berpendapat bentuk wajah ODGJ yang diperlihatkan berbeda dengan ibunya. Dia meyakinkan, sebelum hilang, kondisi psikologis ibunya baik-baik saja.

Nining disebut ditemukan di sekitar Pantai Citepus Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu 1 Juli. Petugas pun mengonfirmasi bahwa Nining sesuai dengan ciri-ciri orang yang dilaporkan keluarga menghilang 18 bulan sebelumya, Januari 2017.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro juga mengatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan, Nining tidak mengalami tanda-tanda pernah tenggelam. “Kami lakukan pendalaman menurut keterangan pengurus orang mirip Nining diterima pada November 2017,” tandasnya. (lip/feb/run)