Obesitas dapat memicu hipertensi, nyeri lutut, osteoporosis, sakit punggung, penyakit jantung, dan bermacam gangguan kesehatan lainnya. Tanda yang nyata ketika tubuh mulai gemuk biasanya diketahui saat menimbang badan. Berikut ini 7 tanda mulai memasuki fase obesitas.

  1. Sesak napas

    Jika dada terasa sesak dan sulit bernapas, ini adalah tanda paling kentara dari obesitas. Orang gemuk memiliki akumulasi lemak yang menyulitkan udara mengalir masuk dan keluar paru-paru, terutama ketika beraktivitas dalam ritme yang cepat

  2. Nyeri punggung

    Tulang sebagai penyangga tubuh mulai rapuh karena bobot tubuh semakin berat. Duduk terlalu lama sudah tak lagi nyaman, apalagi jika berdiri.

  3. Malas bergerak

    Ketika rasa malas mulai mendera maka tak ada lagi kalori yang terbakar signifikan. Semua menumpuk di dalam tubuh dan jika dibiarkan akan membuatmu semakin malas bergerak. Dan kamu baru sadar ketika orang mengatakan, “kok sekarang gemuk”.

  4. Varises

    Saat dinding pembuluh darah melemah, maka pembuluh darah akan melebar. Jika dilihat dari luar, kondisi ini membuat pembuluh darah muncul ke permukaan kulit seperti garis-garis berwarna ungu atau biru alias varises.

  5. Masalah lambung

    Akumulasi lemak akan menekan saluran pencernaan, terutama daerah kerongkongan sampai lambung. Jika tekanan ini membesar, maka makanan di lambung akan didorong lagi ke arah kerongkongan dan memicu refluks asam, sehingga mengakibatkan sakit maag, kembung, dan masalah lambung lainnya.

  6. Mendengkur

    Orang gemuk umumnya lebih sering mendengkur daripada mereka yang berat badannya ideal. Dengkuran pada orang yang mengalami obesitas disebabkan peningkatan massa di sekitar leher.

  7. Haid tak teratur

    Lemak dapat mengganggu keseimbangan hormonal dan membuat siklus haid tidak teratur. Pada beberapa kasus, periode haid dapat tertunda sampai 10 hari, bahkan tidak menstruasi selama 2 sampai 3 bulan. (de/feb/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here