METROPOLITAN – Moda transportasi massal makin digencarkan. Kali ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mulai reaktivasi lima jalur kereta api di wilayah Selatan Jawa Barat, di antaranya jalur kereta api Sukabumi-Bandung. Aktivasi jalur tersebut dilakukan untuk mendongkrak perekonomian di daerah tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, pemerintah sedang fokus membangun infrastruktur transportasi Jawa Barat bagian Selatan. Hal tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi.

“Karena pada dasarnya salah satu cara meningkatkan kesejahteraan itu meningkatkan perekonomian, memudahkan mereka bisa mengangkut hasil produksi apakah itu ikan, sayur-mayur,” kata Rini di Ujung Genteng, Sukabumi, Kamis (9/8).

Rini menjelaskan, ada lima jalur kereta yang akan diaktifkan kembali di wilayah Jawa Barat, yakni dari Cianjur hingga Bandung. Reaktivasi tersebut akan mulai dilakukan tahun ini.

“Kami mengusulkan lima jalur bisa menghubungkan seperti Sukabumi ke Cianjur ke Padalarang, juga bisa ke Bandung dan ini juga bisa menyambungkan ke Garut. Jadi saya sudah melihat bahwa jalur kereta api lama ini bisa kita reaktivasi, cost-nya bisa tidak tinggi,” ujarnya.

Saat ini, jalur kereta dari Sukabumi hingga Kabupaten Cianjur sudah aktif. Namun dari Cianjur menuju Padalarang hingga ke Kota Bandung masih belum diaktifkan kembali.

Menurut Rini, reaktivasi jalur kereta tersebut merupakan investasi yang bisa menguntungkan. Sebab, jalur-jalur ini adalah potensi ekonomi yang cukup bagus, bukan hanya untuk angkutan orang tapi juga untuk mengangkut barang. (de/feb/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here