Gagal Jadi Duda

by -

METROPOLITAN – Proses permohonan cerai talak yang memakan waktu sebulan bulan lamanya hingga dikabulkannya oleh Majelis Hakim, ternyata masih belum membuat Abdee Slank resmi menduda. Masih banyak tahapan demi tahapan yang harus dilalui Abdee hingga dirinya bisa dinyatakan resmi menjadi mantan suami Anita Desy Farida.

Sang istri mengaku masih ingin mempertahankan rumah tangga yang telah dibina selama 20 tahun ini. Bahkan ia mengungkap bahwa dirinya akan mengajukan banding atas permohonan cerai talak yang dilakukan suaminya. Hal tersebut tentu akan semakin mengulur Abdee untuk mengucapkan ikrar talak sebagai tanda perpisahan dengan wanita yang telah memberinya seorang anak itu. “Saya banding dong nggak terima,” ungkap Anita.  “Saya memang bertahan. Bukan (sengaja) ngulur waktu, saya bertahan dong. Saya kan nggak punya salah, salah saya apa? Salah satu cara bertahan, kan demi anak,” tambahnya.

Berdasarkan prosedur Pengadilan Agama, perkara permohonan cerai talak yang telah dikabulkan Majelis Hakim haruslah diketahui dan ditanda tangani pihak termohon. Setelahnya, pihak termohon dipersilakan untuk menyetujui atau justru menolak putusan yang dibacakan oleh majelis hakim. Jika termohon, dalam halnya Anita Desy Farida memilih untuk menolak putusan majelis hakim, ia berhak untuk mengajukan banding yang harus diajukan dalam kurun waktu 14 hari setelah diketahuinya putusan majelis hakim.

Sementara jika ia mengurungkan niat untuk mengajukan banding, dan memilih berpisah, maka baik Anita maupun Abdee akan kembali dipanggil ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan untuk mengadakan ikrar talak. “Kalau dia selama 14 hari tidak menggunakan haknya untuk melawan hukum menggunakan banding, maka perkara ini akan dilanjutkan. Nanti mereka dipanggil untuk mengadakan ikrar talak,” papar Jarkasih. “Tetapi kalau banding juga dia nggak terima, ada upaya hukum kedua, yakni kasasi. Kalau dia menerima (putusan, banding, atau kasasi), baru dipanggil dua-duanya untuk ikrar talak,” tukasnya. (okz/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *