Keren, Ratusan Perangkat Desa Berguru di Sukamanah

by -

METROPOLITAN – Menjadi desa yang direkomendasikan,untuk study banding desa lain bukan perkara mu­dah. Mendapat pengakuan seperti itu,tentunya melewati beberapa pro­ses dan perjuangan. Desa Sukamanah, sebagai desa yang dinilai berhasil dalam pengelolaan Badan Usaha Mi­lik Desa (BUMDes) tingkat nasional,saat ini menjadi tolak ukur pembangunan desa di Indonesia.

Salah satunya,pengelolaan sumber air Cijarimun,yang mampu mendong­krak Pendapar Asli Desa (PADes),yang dikemas dalam bentuk Bumdes. ”Ba­nyak tamu dari berbagai daerah untuk belajar ke sini,kebanyakan memang dari wilayah timur Indonesia,” ungkap Kaur Kesra Desa Sukamanah Ishak safe’i, kemarin.

Untuk wilayah Sumatera, lanjut Ishakk, desa – desa yang pernah da­tang antara lain dari Aceh dan Lam­pung. ”Untuk Jawa dan NTT juga pernah ke sini,” katanya bangga. Kepala Desa Sukamanah Ismail, mengatakan, kunjungan perangkat desa ke Sukamanah juga masih ber­lanjut hingga saat ini. ”Untuk satu minggu ke depan ada beberapa desa dari Sulawesi yang akan datang,” akunya. (ash/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *