KPU Manfaatkan CFD untuk Sosialisasi 2019

by -6 views

METROPOLITAN – Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Jawa Barat menggelar sosialisasi tahapan Pemilu 2019 di Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (26/8). Uniknya, sosialisasi kali ini digelar dengan acara flashmob bertajuk Pemilu 2019 Perubahan Untuk Negeri agar lebih cair dan tidak kaku. Sosialisasi semacam ini juga ren­cananya akan digelar di masing-masing CFD kota/kabupaten

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengatakan KPU Jabar berkomitmen melakukan sosiali­sasi semenarik mungkin. Lewat flasmob ini, dirinya berharap mampu mengumpulkan masy­arakat sebanyak-banyaknya dan menyampaikan pesan sosialisasi secara masif dan mengena.

“Kami ingin mengingatkan ma­syarakat supaya ikut berpartisi­pasi dalam pemilu 2019. Jadi masyarakat harus tahu seperti apa tahapan, syarat memilih dan lainnya,” kata Endun.

Materi sosialisasi sendiri dimu­lai dengan menjelaskan tahapan pencalonan hingga alokasi kursi untuk DPRD Jabar. Masyarakat juga diberitahu jika Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebe­lumnya. Di 2019, akan ada lima kertas suara yang diterima pe­milih mulai dari DPD, DPRD kota/kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI hingga presiden.

“Pemilu tahun ini bersatu an­tara pemilu legislatif dengan pemilu presiden. Jadi KPU Jabar menggencarkan sosialisasi mulai sekarang,” terangnya.

Endun berharap, sosialisasi ini memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat. Se­hingga, mereka tidak kesulitan saat memilih nantinya. Renca­nanya, sosialisasi semacam iuni akan digelar di CFD kota/ kabu­paten lainnya.

“Rencananya KPU Jabar akan gencar memberikan informasi melalui media sosial dan akan menggelar sosialisasi menarik lain­nya di CFD kabupaten dan kota,” pungkas Endun. (trb/sal)