Link Banner

METROPOLITAN – Setelah selesai memverifikasi berkas perbaikan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang didaftarkan 16 partai politik (parpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor mulai menyusun Daftar Calon Sementara (DCS) sejak 8-12 Agustus 2018. Sebelum masuk Daftar Calon Tetap (DCT), KPU akan membuka tanggapan masyarakat setelah mengumumkan DCS pada 12-14 Agustus 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Teknis, Perencanaan dan Data Ummi Wahyuni mengatakan, tanggapan masyarakat akan dibuka selama sembilan hari mulai 12-21 Agustus 2018 atas DCS yang telah diumumkan. Selanjutnya KPU akan meminta klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat pada 22-28 Agustus dan parpol menyampaikan klarifikasinya ke KPU pada 29-31 Agustus 2018. “Setelah DCS diumumkan, masih ada penilaian lewat tanggapan masyarakat,”kata Ummi.

Menurutnya, tanggapan masyarakat terhadap DCS menjadi sangat penting. Misalkan ada bacaleg yang ternyata mantan terpidana korupsi, terlibat kejahatan seksual terhadap anak atau terlibat narkoba. Jika laporan masyarakat benar, status bacaleg yang sudah masuk DCS bisa dicoret. Tanggapan masyarakat dilakukan untuk memperkuat proses verifikasi bahwa calon yang diloloskan maju benarbenar telah melewati proses ketat.

“Jika misal ternyata ada yang terindikasi kasus-kasus berat atau melanggar ketentuan, bisa dicoret atau diganti,” ujarnya. Sebelumnya, KPU tengah melakukan penyusunan DCS untuk diumumkan ke masyarakat. Sebelum itu, KPU terlebih dulu menyampaikan hasil verifikasi ke pimpinan KPU dengan mengundang pokja verifikasi di luar KPU yaitu kepolisian dan Disdik.

Nantinya dua lembaga itu boleh mengecek ulang hasil verifikasi atau mendata laporan permasalahan yang disampaikan KPU. “Mereka bisa mengecek langsung keabsahan berkas seperti ijazah ke sekolah langsung dan lainnya. Masih ada waktu. Setelah itu selesai, kami akan mengundang parpol untuk mengumumkan,” terangnya. (fin/b/sal/run)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here