RUMPIN – Demi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-73, sang saka merah putih dikibarkan di pegunungan Rumpin, tepatnya di Gunung Munara, Desa Kampungsawah, Kecamatan Rumpin. Bendera sepanjuang 22 meter dengan lebar enam meter ini, membentang diatas bukit munara yang disaksikan ratusan warga yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas, hingga unsur Muspika Rumpin.

Ketua Panitia Pengibar Bendera Mulya Diva menuturkan, pengibaran bendera ini sudah ke empat kalinya di situs Gunung Munara. Namun untuk tahun ini, dan untuk ukuran dan panjang tidak jauh dari tahun sebelumnya.

“Setelah di serahkan dari kecamatan, kami langsung mengarak bendera ini ke titik yang akan di kibarkan. Pengarakan ini juga turut dihadiri komunitas thegren dan tokoh masyarakat serta pemuda,” kata Ozos sapaan akrabnya saat ditemui Metropolitan dilokasi, kemarin.

Menurutnya, pengibaran bendera dilakukan lebih awal karena terbentur dengan acara dilakukan pemerintah kecamatan. Bendera ini selalu dikibarkan selama satu minggu terhitung dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus 2018.

“Kita kibarkan lebih awal karena dari tahun ketahunya suka begitu,” bebernya.

Ozos mengungkapkan, acara ini sengaja di lakukan selain HUT RI Ke-73 mengenang para pahlawan yang sudah memerdekakan bangsa ini. Terlebih, catatan sejarah bahwa Kecamatan Rumpin sempat terjadi peperangan di tahun 1945 demi mempertahankan kemerdekaan.

“Untuk upacara kita puncaknya pada 17 agustusan pagi yang akan dikut sertakan masyarakat dan para komunitas serta pengunjung. Cuma kita berbeda kalau upacara nanti di munarah, dari cara konsepnya,” ujarnya.

Ketua Purna Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Rumpin Suryana mengatakan, pertama kali Purnapaskibra ikut dalam perayaan HUT RI Ke-73 di Situs Gunung Munara. Acara yang setiap tahunya selalu rutin dilakukan oleh berbagai komunitas. Lebih dari 5 anggota purna dari berbagai angkatan.

“Allhamduliah acaranya sudah selesai, para purna paskibra yang terlibat pasukan tahun kemaren. Namun untuk tahun ini purnapaskibra berlatih untuk mematangkan persiapan pengibar di lapangan stadion mini Kecamatan Rumpin,” ujarnya.

Terpisah, Kapten Inf. Marwoto Danramil Rumpin menambahkan, acara pada tahun ini selain di Situs Gunung Munara, juga di laksanakan di Gunung Haur, Desa Rabak.

“Kita harus menghormati para pejuang kemerdekaan yang telah gugur. Saya berharap pada masyarakat Kecamatan Rumpin agar terus memajukan Rumpin keakan lebih baik. Sebab, kalian adalah tunas mudah dan penerus bangsa,” singkatnya.(dyn/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here