Nasib Bacaleg Berkarya Ditentukan Hari Ini

by -0 views

METROPOLITAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor akan kembali menggelar sidang sengketa Pemilu 2019, hari ini, Selasa (28/8). Ada dua agenda sidang yang pertama putusan gugatan Partai Berkarya Kabupaten Bogor atas status satu bakal calon anggota legislatif (bacaleg)nya yang dicoret karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Kabupaten Bogor. Sementara sidang kedua yaitu sidang ajudikasi untuk PKPI Kabupaten Bogor.

“Besok (hari ini, red) jadwal putusan untuk Partai Berkarya dan lanjutan ajudikasi untuk PKPI,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Divisi Sengketa Ridwan Arifin kepada Metropolitan, kemarin.

Untuk ajudikasi PKPI, masuk ke sidang kedua dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dan pembuktian termohon dalam hal ini PKPI dan pemohon dalam hal ini KPU Kabupaten Bogor.

“Kalau yang Berkarya hanya tinggal putusan saja apakah permohonannya dikabulkan atau tidak,” terangnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Bogor masih terus memproses sengketa Pemilu 2019 antara partai politik (parpol) dengan KPU. Ada tiga parpol yaitu Partai Berkarya, Perindo dan PKPI yang merasa keberatan karena sejumlah bacaleg-nya dicoret lantaran dianggap TMS.

Saat ini, dari tiga parpol yang mengajukan sengketa, satu diantaranya yaitu Perindo telah menemukan kesepakatan pada mediasi kedua. Sementara PKPI baru akan masuk ke sidang ajudikasi lantaran tidak menemui kesepakatan hingga dua kali mediasi. Untuk Partai Berkarya, tinggal menunggu putusan yang juga akan digelar hari ini.

“Kami sudah mengikuti sidang ajudikasi dan menyerahkan alat bukti serta saksi. Intinya kami akan memperjuangkan bacaleg kami agar bisa maju di pemilihan legislatif (pileg) 2019. Persoalan ini pun kami serahkan ke kuasa hukum kami,” kata Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Bogor M Ridwan. (fin/b/sal)