METROPOLITAN – Pening­katan Peranan Wanita menu­ju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang menjadi pro­gram pemerintah pusat terus digeber. Program ini untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pen­didikan, kesehatan dan daya beli, terutama bagi keluarga miskin di desa atau kelurahan. Penerapan program sendiri dengan menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan secara terko­ordinasi yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai ting­kat hidup yang berkualitas.

Untuk mencapai tujuan ter­sebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menja­lankan program P2WKSS setiap tahun. Tahun ini kegiatan P2W­KSS dilaksanakan di Kampung Sampora, Kedusunan Cipama­rayan, RW 07, Desa Damar­reja, Kecamatan Warungkiara.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono memaparkan, program ini menargetkan pembangunan secara nonfisik, seperti peng­etahuan dan keterampilan bagi kaum ibu. “Ibu-ibu kelu­arga binaan yang tadinya me­reka tidak tahu dan tidak teram­pil dan tidak aktif itu menjadi aktif,” katanya.

Secara umum, lanjutnya, tu­juan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut untuk mening­katkan peran dan partisipasi perempuan dalam kesejahte­raan keluarga. ”Tujuan utama adalah memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Kita punya seratus keluarga yang menjadi binaan, secara fisik rumahnya harus lebih baik dan lebih sehat, lebih layak. Keluarga binaan juga lebih kretaif dengan me­manfaatkan halaman rumah sebagai apotek hidup,” tuturnya. (hep/suf/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here