Link Banner

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menekankan bahwa pengembangan usaha ekonomi masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi harus ada kerja sama konstruktif antara pemerintah, pelaku usaha/perajin/UKM maupun pihak yang dapat menyediakan permodalan.

Hal tersebut disampaikan Marwan saat peresmian gedung Sukabumi Craft Center (Gerai Dekranasda) dan Rumah Kuliner yang ditandai penandatanganan prasasti di Kompleks GOR Cisaat, Sukabumi, Kamis (9/8). “Kalau kerja sama itu ada tentunya perkembangan kegiatan usahanya akan berdaya dan berhasil guna sehingga hasil yang dicapai akan semakin optimal,” kata Marwan.

Ia menjelaskan, pengembangan usaha skala mikro dan kecil di Kabupaten Sukabumi telah diprogramkan di perangkat daerah melalui berbagai macam kegiatan. “Kegiatannya berupa pelatihan, bantuan teknis dan meningkatkan akses sumber daya ekonomi baik secara langsung maupun bekerja sama dengan Dekranasda dengan harapan para pelaku usaha mikro dapat berkembang,” jelasnya.

Menurut Marwan, para pengembang usaha skala mikro bisa mempunyai geliat menata pembiayaan dalam usahanya sehingga dapat mengahsilkan produk yang murah, mudah, praktis, hemat dan tepat waktu. “Saya harap para pelaku usaha Kabupaten Sukabumi dapat memanfaatkan maksimal fasilitas yang telah tersedia. Dan kepada seluruh stakeholder kiranya dapat mendukung dan berperan aktif dalam pengembangan usaha sehingga diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat Kabupaten Sukabumi,” imbuhnya.

Marwan menambahkan, ada tiga kunci sukses agar perajin/UKM bisa go international. Yang pertama yakni memiliki kemasan yang bagus, menarik dan branding yang baik. Kedua, dalam manajemen harus memiliki SDM yang juga siap berskala global. Ketiganya, para wirausaha saat ini harus melek teknologi, baik promosi lewat internet seperti media sosial maupun e-commerce.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabuoaten Sukabumi Hj Yani Marwan menyampaikan bahwa Dekranasda adalah organisasi yang bersifat membantu dan menumbuhkembangkan golongan ekonomi lemah yang bergerak dalam bidang kerajinan, di mana salah satunya ditandai kepedulian yang sangat besar untuk meningkatkan potensi dan peran UKM di Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Dandim 0607, Danyon Armed 13, perwakilan kapolres, ketua Dekranasda Kabupaten Cianjur, para OPD, camat, kepala Bagian Ekonomi dan kepala Bagian Umum Setda. (hep/ade/yok/run)

Link Banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here