Tekan Rabies, Disnak Bentuk Kasira

by -0 views

METROPOLITAN – Maraknya penyakit yang ditularkan hewan ternak kepada manusia atau zoonosis, membuat Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi lebih waspada akan kehadiran wabah tersebut. Terlebih tidak sedikit nyawa melayang akibat penyakit yang berasal dari hewan ternak.

Seperti pengendalian penyakit rabies serta melaksanakan vaksinasi terhadap Hewan Penular Rabies (HPR) dalam Bulan Wajib Rabies (Buwara). “Kita terus upayakan dan mengantisipasi penularan penyakit rabies dengan berbagai program. Bahkan kita juga melaksanakan kontrol populasi melalui gerakan Jumat Eliminasi (Jumel),” ujar Kadisnak Kabupaten Sukabumi Iwan Karmawan kepada Metropolitan, Senin (13/8).

Tak hanya itu, upaya tersebut juga dibuktikan dengan membentuk petugas khusus seperti peluncuran Kader Siaga Rabies (Kasira). Agenda ini dilaksanakan di Kecamatan Jampang Tengah, kemarin. “Upaya lainnya kita juga dengan konsep one health dan membentuk Whats App Group (WAG). Pengendalian penyakit rabies ini juga kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda,” kata Iwan.

Selain itu, pihaknya juga membuat WAG yang akan semakin mempermudah informasi terkait kasus maupun hal penanganan korban. “Dengan aplikasi konsep one health, data jumlah kasus yang selama ini sering jauh berbeda kini sudah mulai sinkronisasi,” paparnya.

Peluncuran Kasira tersebut juga sebagai bentuk komitmen bersama bahwa rabies bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan bersama. Pembentukan kelembagaan Kasira merupakan hasil kerja sama FKH IPB dan Pemkab Sukabumi. (lan/ade/mam/run)