METROPOLITAN – Area par­kir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi dikeluhkan pen­gunjung. Sebab, parkiran motor itu memenuhi badan jalan. Kon­disinya juga berantakan, kumuh dan kotor.

Seorang tokoh masyarakat Ci­sarua, Muhamad Sofwan, men­gatakan, keberadaan RSUD Ciawi terlihat kumuh. Adanya area parkir kendaraan menam­bah kesan semrawut rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tersebut. Pihak RSUD seharusnya menyediakan lahan parkir yang layak bagi pa­sien dan keluarganya.

“Parkiran motor di halaman RSUD Ciawi saya rasa sangat mengganggu aktivitas warga yang mau berobat. Harusnya pihak rumah sakit menyediakan lahan parkir yang memadai, sehingga terlihat rapi,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua BEM Unida, Muhamad Arifin, berha­rap pihak RSUD bisa menyedia­kan lahan khusus parkir agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Sebab, selama ini kendaraan yang berkunjung ke RSUD diparkirkan di pinggiran jalan. “Mengingat jalur Ciawi-Puncak adalah jalur utama menuju Cianjur dan Bandung. Harusnya pihak RSUD Ciawi menyediakan lahan parkir. Kalau seperti itu tidak dienak dilihatnya,” tegasnya.

Tak hanya itu, sambung Arifin, pihak RSUD juga harus berko­ordinasi dengan kecamatan, apakah parkiran bisa dialihkan kantor Kecamatan Ciawi atau lebih baik pihak RSUD mencari lahan kosong di sekitar RSUD khusus parkiran. Sebab, tingkat keamanan dan kelancaran ken­daraan menentukan kesigapan dalam menangani pasien daru­rat.

“Kan jadi repot kalau bawa pasien yang sedang darurat, tiba-tiba lahan parkirnya nggak ada. Yang ada penanganannya ter­hambat. Ini juga harus benar-benar diperhatikan RSUD Ciawi,’’ katanya. Sementara itu, Direktur Utama RSUD Ciawi, Hesti Iswandari, hingga saat ini belum memberi tanggapan. (mul/b/els/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here