METROPOLITAN – Sebagai sumber kehidu­pan, air menjadi kebutuhan pokok se­hari hari. Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, Pemerintah Desa (Pem­des) Ciampeaudik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor melakukan pipani­sasi yang nantinya akan mengairi seluruh rumah warga desa. Hal tersebut diung­kapkan langsung Kades Ciampeaudik Ace. Pembangunan pipanisasi ini sen­diri menggunakan Dana Desa ( DD ) tahap kedua tahun 2018.

Bukan tanpa alasan, pipanisasi meru­pakan salah satu usulan warga yang menjadi skala prioritas saat Musren­bangdes untuk menggelontorkan DD. “Saat ini Desa Ciampeaudik mengerja­kan Pipanisasi Desa sebesar Rp. 55.895.000,- dengan Volume 1200 me­ter yang berlokasi di Kampung Laladon RT. 01 / RW. 03,” tegas Ace. Dia berharap, dengan pipanisasi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat agar warga masyarakat lebih mudah dan tidak kesulitan air.

Tahap demi tahap dilakukan penuh ketelitian dalam pengerjaan pipani­sasi, agar hasilnya bisa dirasakan man­faatnya untuk masyarakat. Selesainya pembuatan pipaniasi ini, masyarakat Desa Ciampea Udik Tak Lagi Kesulitan Air Bersih, dan lebih mementingkan kesehatan terhadap menggunakan air bersih

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Ciampeaudik, Dobi me­nambahkan, teknis pemasangan pipani­sasi dipantau dengan ketat agar distri­busi air berjalan lancar ke rumah-rumah masyarakat. “Adapun pipanisasi ini memakan waktu lumayan lama agar ha­silnya baik agar saluran distribusi air ber­sih dipastikan bisa lancar mengalir sam­pai ke rumah masyarakat,” imbuhnya. Tahap awal dalam pengerjaan pipani­sasi, lanjut Dobi, dilakukan mulai dari penggalian parit untuk induk disepanjang lintasan sebelah kanan jalan poros arah ke dalam Kampung Laladon.

“Setelah pemasangan pipa induk se­lesai, tahap selanjutnya yaitu pembangu­nan bak penampungan serta pemasangan pipa saluran langsung ke rumah warga. Guna bak penampung yaitu untuk me­nyaring air agar air bersih, dan bisa disalurkan ke warga disekitarnya. Pe­masangan bak harus lebih tinggi dari permukaan tanah agar tidak menga­lami kerusakan baik disebabkan genangan air,” tandasnya. (khr/b/suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here