METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk pemilu 2019 diperpanjang hingga dua bulan atau 60 hari ke depan. Waktu tersebut juga akan dimanfaatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor untuk melakukan penelitian faktual bagi daftar pemilih yang masih terindikasi ganda.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Burhanudin mengaku pihaknya akan mengawal dan melakukan pencermatan lanjutan atas DPTHP yang telah ditetapkan KPU. Salah satunya terkait masih adanya indikasi daftar pemilih ganda dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) di Bumi Tegar Beriman. “Sampai dua bulan ke depan masih ada masa perbaikan DPT.

Kami akan mengawal dan mencermati kembali DPTHP yang sudah ditetapkan,” kata lelaki yang akrab disapa Burhan kepada Metropolitan, kemarin. Menurutnya, langkah tersebut akan dilakukan dengan memerintahkan seluruh jajaran panitia pengawas di lapangan untuk melakukan penelitian faktual bagi daftar pemilih yang masih terindikasi ganda dan TMS.

Mereka akan menyisir satu per satu untuk memastikan keabsahan indikasi tersebut. “Kami akan perintahkan jajaran panwas di lapangan untuk melakukan penelitian faktual bagi DPT yang masih terindikasi ganda maupun TMS,” terangnya. Selain itu, pemilih baru juga menjadi perhatian serius Bawaslu Kabupaten Bogor.

Dirinya akan memastikan para pemilih baru yang sudah memenuhi hak pilih bisa terakomodasi dan masuk daftar pemilih. “Kami berkomitmen ingin menjaga hak pilih warga dan benar-benar memastikan DPT pemilu 2019 di Kabupaten Bogor benar-benar akurat,” harap Burhan.

Sebelumnya, Bawaslu sudah memberikan rekomendasi ke KPU terkait potensi data ganda sebanyak 62.166 pemilih sebelum pleno DPT hasil penyempurnaan. Bawaslu ingin memastikan tidak terjadi kecurangan pemilu yang diakibatkan carut-marutnya daftar pemilih.

Menurut Burhan, dari hasil rekomendasi Bawaslu, indikasi DPT ganda yang dicoret KPU memang jauh labih sedikit yaitu sekitar 27.217 pemilih. Untuk itu, Burhan akan terus mencermati dan mengawal DPT tersebut karena tidak menutup kemungkinan masih ada pemilih terindikasi ganda. (fin/b/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here