METROPOLITAN – Citeureup ,  Menyukseskan Lomba Kampung Ramah Lingkungan (KRL) tingkat Kabupaten Bogor 2018 Kampung Cigeger, RT 04/05, Desa Citeureup, Kecamatan Citeureup, didatangi Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor untuk penilaian tahap ke II Lomba KRL.

Kedatangan tim penilai ini disambut warga Balad Lima yang dikomandoi ketua RT 04 serta jajarannya, kader ibu-ibu dari masyarakat sadar bersih (madarsih) serta staf desa hingga PT Indocement Tbk.

Kepala Desa (Kades) Citeureup, Andri Jaelani, menjelaskan, intinya adalah kekompakan dan penghijauan ramah lingkungan. ”Dari delapan RW di Desa Citeureup semua siap dilombakan di tingkat Kabupaten Bogor dengan memperebutkan kategori kampung ramah lingkungan,” kata Andri.

Faktor yang dinilai bukan hanya tanaman, tapi juga menuju ketahanan pangan masyarakat. Sebab, itu merupakan salah satu program pemerintah. ”Kita harus bisa jemput bola. Pihak desa sudah banyak mengelola yang produktif, seperti sampah, yang dimotori karang taruna dan bersinergi dengan warga,” bebernya.

Hal senada dikatakan Ketua RW, Aji. Ia beserta ketua RT pun menanamkan rasa memiliki untuk kampung yang sesuai semboyan lembur urang kumaha urang. “Yang pertama, masyarakat harus mengurusi lingkungan dan memilah sampah dari rumah yang bernilai ekonomis,”  ucapnya.(man/din/b/yok/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here