METROPOLITAN – Permohonan PKPI Kabupaten Bogor memasukkan sejumlah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang tidak masuk Daftar Calon Sementara (DCS) ditolak. Hasilnya hanya ada empat bacaleg PKPI yang akan berlaga di pemilihan legislatif (pileg) 2019 untuk berebut kursi DPRD Kabupaten Bogor. Keputusan tersebut diambil setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor menggelar sidang ajudikasi dengan agenda putusan di kantor Bawaslu Kabupaten Bogor, kemarin.

Hadir dalam sidang tersebut PKPI selaku pemohon dan KPU Kabupaten Bogor selaku termohon. “Iya, ditolak (permohonan PKPI, red),”singkat Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Ridwan Arifin kepada Metropolitan, kemarin.

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni mengatakan, KPU sepenuhnya menjalankan apa yang telah diputuskan Bawaslu Kabupaten Bogor. Untuk PKPI, Bawaslu menolak permohonan. Ummi menuturkan, alasan penolakan itu sudah dijelaskan sejak awal. Saat penyerahan berkas perbaikan bacaleg yang didaftarkan partai politik, ada sejumlah berkas PKPI yang tidak lengkap. Dari 27 bacaleg yang diajukan, hanya sepuluh yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

Meski demikian, dari sepuluh bacaleg PKPI yang statusnya MS, enam di antaranya harus gugur lantaran keterwakilan perempuan tidak terpenuhi. Total hanya empat bacaleg PKPI yang dinyatakan MS dan bisa berlaga di pileg 2019. “Untuk PKPI, Bawaslu menolak permohonannya. Alasan penolakan jelas, berkas persyaratan tidak lengkap. Mereka mengajukan 27 calon dan yang memenuhi syarat itu hanya sepuluh.

Tapi yang enam karena keterwakilan perempuan tidak terpenuhi maka yang lolos Cuma empat,” terang Ummi. Dengan putusan tersebut, sengketa pemilu 2019 yang digelar Bawaslu terkait DCS sudah selesai. Tiga partai yang mengajukan sengketa terkait DCS yaitu Partai Perindo, Partai Berkarya dan PKPI telah mendapat putusan. “Dengan berakhirnya sidang ini, selesai sengketa pemilu 2019 untuk soal DCS. Kecuali kalau ada parpol yang tidak puas dan mengajukan permohonan ke lembaga yang lebih tinggi,” pungkasnya. (fin/c/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here