Heri: Empat Pilar Kebangsaan Bentuk Proteksi

by -16 views

 METROPOLITAN – Anggota DPR/MPR RI, Heri Gunawan (HG) yang merupakan Fraksi Partai Gerindra kembali galakan sosialiasi empat pilar kebangsaan yang mencakup Pancasila, UUD 1945, Ne­gara Kesatuan Republik In­donesia (NKRI), dan Bhi­neka Tunggal Ika.­

Kegiatan ajang menyosia­lisaikan nilai-nilai kebangsaan tersebut. Kali ini dipusatkan di Rumah Anspirasi dan In­spirasi (RAI) HG di Jalan Arif Rahman Hakim Kota Suka­bumi, Rabu (5/9). ”Tujuan utamnya setidaknya bisa menjadi proteksi untuk men­cegah terjadinya krisis mul­tidimensi. Juga, diharapkan kian meningkat pula pema­haman masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan,” ujar HG legislator yang berangkat dari Dapil Jawa Barat IV, Kota dan Kabupaten Suka­bumi ini kepada wartawan, kemarin (5/9).

Jika sosialisasi ini sukses dan pemahaman masyarakat ten­tang nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat diserap secara merata. Ia meyakini tidak akan lagi terjadi aksi anarkis yang melanda bangsa ini. ”Lewat empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tung­gal Ika, memiliki substansi cakupan menyangkut hak dan kewajiban warga negara. Ka­rena, karakteristik masyarakat yang beragam, harus diimbangi dengan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan,” tegas­nya.

HG berharap adanya sosia­lisasi empat pilar kebangsaan ini tentunya akan berdampak terhadap karakter bangsa Indonesia. Apalagi kemerde­kaan Indonesia bisa terwujud karena eratnya persatuan dan kesatuan bangsa. ”Jangan sampai nilai-nilai kebangsaan rusak karena hal-hal sepele,” bebernya.

Msih kata HG, implemen­tasi nilai-nilai kebangsaan sangat penting untuk men­ghadapi tantangan global dan pengaruh asing. Terlebih dengan pengaruh moderni­sasi global yang kini dinilai­nya sudah merasuk ke tengah masyarakat, terutama ke­pada generasi muda atau milenial.

”Dengan pehamanan nilai-nilai kebangsaan, tren gene­rasi milenial yang apolitis dan terkesan cuek untuk memaju­kan bangsa bisa diproteksi,” pukasnya. (lan/mam)

Loading...