Hore… Desa Sampora Punya Pasar dan Pustu

by -4 views

METROPOLITAN – Bupati Suka­bumi Marwan Hamami meresmikan Pasar Rebo dan Puskesmas Pem­bantu (Pustu) Desa Sampora, Keca­matan Cikidang, Kabupaten Suka­bumi, Jawa Barat, Rabu (12/9). Pe­resmian Pasar Rebo dan Pustu itu ditandai pengguntingan pita, pe­nandatanganan prasasti dan pemo­tongan tumpeng.

Dalam peresmian itu, Marwan di­dampingi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Asep Haryanto. Muspika Cikidang beserta kepala Desa Sampora. ”Diharapkan pasar ini menjadi pa­sar percontohan dan pasar sehat serta dapat meningkat­kan perekonomian masyara­kat,” harap Marwan.­

Pembangunan Pasar Rebo harus memberdayakan usaha ekonomi skala mikro, kecil dan menengah. Selain itu ha­rus meningkatkan pendapatan para pedagang.

”Ini salah satu upaya pemerintah untuk memberikan sarana usaha yang layak bagi para pedagang tradisional yang ada di desa, si samping meningkatkan sarana dan prasarana serta akses pemasaran produk ha­sil olahan UKM,” katanya.

Marwan menuturkan, hal itu juga sekaligus sebagai upaya mendorong pertum­buhan ekonomi daerah serta sebagai sarana pem­belajaran dan memberday­akan koperasi bagi masy­arakat khusus masyarakat Desa Sampora.

”Desa Sam­pora, Kecamatan Cikidang, memang sangat memerlukan fasilitas penunjang untuk kegiatan perdagangan, mengingat Kecamatan Ciki­dang dicanangkan menjadi kawasan ekonomi khusus di Kabupaten Sukabumi,” paparnya.

Kawasan Ekonomi Khusus tersebut adalah bertujuan untuk mempercepat per­kembangan daerah dan se­bagai model terobosan peng­embangan dikawasan untuk pertumbuhan ekonomi.

Ber­kaitan dibangunnya pustu yang representatif dan memadai, memang keberadaan pustu sangat diperlukan bagi penun­jang kegiatan pelayan kese­hatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

”Karena itu saya meyakini bahwa kesembuhan seorang pasien tidak hanya ditentukan oleh perawatan tetapi juga fasilitas medis dan sarana yang memadai,” ungkapnya. (ade/mam/run)