METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima kunjungan Tim Evaluasi Lomba Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat, kemarin. Kegiatan dilakukan di aula masjid Al- Ikhlas RW 03, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal.

Menurut Sekda Kota Bogor, Ade Sa­rip Hidayat, program P2WKSS ini di­harapkan dapat membangkitkan motivasi dan semangat untuk terus meningkatkan peran serta perem­puan di berbagai aspek pembangunan, terutama dalam perannya mewujud­kan keluarga berkualitas.

“Kota Bogor diwakili oleh Kelurahan Sukaresmi, Tanahsareal. Dalam pelaks­anaannya P2WKSS tidak hanya meli­batkan perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kota Bogor, tetapi juga organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan lembaga swadaya masy­arakat,” ungkap Ade.

Sementara itu, hampir semua perang­kat daerah harus ikut ambil bagian dalam program P2WKSS. Mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kecamatan, Bagian Humas, TP PKK Kota Bogor dan perangkat dae­rah lainnya. Sebab, Kota Bogor memi­liki rekam jejak yang baik dalam hal pencapaian prestasi P2WKSS di tingkat Jawa Barat. Kelurahan-kelurahan yang menjadi wakil Kota Bogor dalam lom­ba P2WKSS mampu berbicara banyak di level provinsi.

“Bahkan beberapa di antaranya sukses menorehkan prestasi di tingkat na­sional. Hal ini perlu diapresiasi seba­gai sebuah motivasi tambahan bagi lokasi P2WKSS sekarang untuk mela­kukan yang terbaik, sehingga mampu menyamai atau bahkan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai kelurahan lokasi P2WKSS sebelumnya,” ucapnya.

Namun, ada yang jauh lebih penting dari sekadar melihat hasil akhir lom­ba yaitu soal keberlanjutan pembi­naan pasca lomba. “Sudah sejauh mana kelurahan-kelurahan yang telah mencapai prestasi bagus di tingkat kota, provinsi, dan nasional ini mam­pu mempertahankan hasil lomba dan bahkan mampu melakukan dupli­kasi di wilayah wilayah lain di kelu­rahannya agar kesuksesan lomba P2WKSS mampu dirasakan di wi­layah lain yang tidak menjadi bagian lomba P2WKSS,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bogor selalu mendorong Dinas Pem­berdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan, dan Anak (DPMPPA) untuk melakukan pendataan secara menyeluruh terkait keberlanjutan hasil keikutsertaan lomba P2WKSS di kelurahan-kelurahan.

“Satu yang pasti, pada setiap perlom­baan yakinkan bahwa tujuan utamanya adalah bukan tentang kemenangannya, tetapi tentang sejauh mana upaya kita mempersiapkan keikutsertaan pada lomba dan mampu memberíkan man­faat dalam jangka panjang untuk warga. Kami berharap program Terpadu P2W­KSS di kelurahan Sukaresmi dapat menjadi yang terbaik di tingkat Pro­vinsi Jawa Barat tahun 2018,” pungkas­nya. (*/rez/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here