METROPOLITAN – Pembangu­nan Gedung Olahraga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi di­targetkan rampung pada 2019. Rencananya untuk penyele­saian pembangunan gedung membutuhkan dana sebesar Rp5 miliar.

Sebelumnya, GOR Merdeka sudah diresmikan terlebih da­hulu oleh Gubernur Jabar pe­riode 2013-2018 Ahmad Hery­awan pada 1 April 2018. Namun pada saat itu bangunan GOR Merdeka belum rampung 100 persen dan membutuhkan ta­hapan akhir pembangunan. ”Hanya tinggal butuh dana Rp5 miliar untuk penyelesaian pembangunan GOR,” ujar Ke­pala Dinas Pemuda dan Olah­raga Provinsi Jabar Yudha Mu­najat Saputra.

Menurut Yudha, anggaran pembangunan GOR ini dima­sukkan APBD murni 2019. Se­bab jika dimasukkan APBD Perubahan 2018, tidak memun­gkinkan karena waktunya sangat sempit.

Sehingga dana ini akan dip­roses Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bap­peda) dan disetujui Tim Ang­garan Pemerintah Daerah (TAPD). Nantinya jenis ang­garan yang disalurkan dalam bentuk dana hibah.

Yudha juga menerangkan, anggaran pembangunan tahap akhir ini tidak sebesar yang pertama. Harapannya wali kota Sukabumi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa ber­koordinasi untuk menuntaskan pembangunan GOR Merdeka. ”Pembangunan GOR ini salah satu prioritas,” cetus Yudha.

Pada kepemimpinan Ahmad Heryawan menjadi gubernur, hampir semua kabupaen/kota di Jabar dibangun sarana olah­raga, khususnya GOR. Di mana sarana ini tidak hanya digunakan untuk olahraga, melainkan un­tuk aktivitas lainnya.Sementara itu pada kebijakan Gubernur Ridwan Kamil, ungkap Yudha, rencananya pembangunan sarana olahraga akan sampai hingga ke desa-desa. Intinya jika desa membutuhkan sarana olahraga maka akan segera di­fasilitasi pemerintah.

Selain membangun sarana, jelas Yudha, pemerintah juga mendorong minat olahraga melalui pendidikan di sekolah. ”Karena bersifat wajib maka anak-anak diharapkan senang olahraga ketika berada di ma­syarakat,” harapnya. (rep/mam/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here