METROPOLITAN – Raden Roro Fitria Nur Utami atau yang akrab disapa Roro Fitria kembali menja­lani sidang lanjutan kasus penyalah­gunaan narkotika di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (13/9). Sidang kali ini beragendakan mendengarkan saksi meringankan, yaitu asistennya sen­diri.

Menurut kuasa hukum Fitria, Asgar Sjarfi, melalui kesaksian asistennya ingin dibuktikan bahwa Roro adalah pengguna dan bukan pengedar. ­

”Dekat sekali sih karena kan syuting itu siang malam, jadi dia mengikuti Roro 24 jam. Dia bisa melihat apa yang Roro konsum­si. Jadi sangat penting bagi dia untuk mengatakan bahwa me­mang Bu Roro itu pengguna, kelihatan dari orang dekatnya,” kata Asgar saat ditemui di PN Jakarta Selatan.

Dengan dibuktikan bahwa Roro adalah seorang pengguna dan bukan pengedar, Asgar ber­harap majelis hakim dapat men­jatuhkan hukuman yang lebih ringan, yakni rehabilitasi. Meng­ingat di penjara membuat Roro semakin stres. ”Intinya sih kita ingin ringan ya, karena ada dua persen dari penduduk kita atau lebih, masa mau dimasukin ke penjara semua. Ini kan sudah tidak benar karena filosofi dari undang-undang yang baru ini adalah re­habilitasi. Jadi kalau kita minta tes terpadu itu adalah semua saksi sudah tersedia di sana ada psiko­loginya, tes labnya, ini yang dalam penegakan hukum kita harus dilaksanakan,” ujar Asgar.

Saat ini, tutur Asgar, kliennya masih ada keingikan kembali menggunakan narkoba selama di tahanan. ”Ya dia masih ada keinginan buat makai,” ungkap Asgar. Ia juga menyebut kliennya itu kerap merasa stres karena muncul keinginan kembali meng­gunakan narkoba. ”Roro tetap stres rasa ingin memakai masih ada,” imbuhnya.

Karena itu, ia berharap Roro Fitria mendapatkan tindakan rehabilitasi agar ketergantungan­nya dengan narkoba dapat dile­paskan. ”Perlu direhab, makanya kita harus buktikan dulu di pro­ses assesment,” ucapnya. Ia pun berharap keinginannya itu bisa dikabulkan majelis hakim. ”Ka­lau kita apa adanya aja sesuai fakta, jadi ya kita mohon majelis hakim bisa terbuka hati nurani­nya,” pungkasnya. (de/feb/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here