SEKOLAH SIBUK CARI PINJAMAN

by -

METROPOLITAN – Belum keluarnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan ketiga pada 2018 nampaknya membuat sekolah-seko­lah di Kota Bogor kewalahan. Demi memenuhi operasional Kegiatan Be­lajar Mengajar (KBM), para sekolah terpaksa mencari pinjaman dana dari pihak luar. Hal itu diakui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin. ”Saya sudah men­dengar di sejumlah sekolah dasar, terpaksa mencari pinjaman dana un­tuk memenuhi operasional KBM. Salah satunya bayar gaji guru honor,” katanya.

Untuk itu, ia berharap pencairan dana BOS pada triwulan ketiga bisa dilakukan pada minggu ketiga Sep­tember ini. Mengingat disdik sudah mengajukannya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Bahkan, sudah mela­kukan komunikasi dengan pihak Pe­merintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat agar persoalan tersebut dapat direalisasikan. ”Janji dari pihak pem­prov, minggu ketiga bulan ini cair, semoga saja,” katanya.

Sekadar diketahui, akibat pencairan dana BOS telat, sejumlah sekolah ter­paksa ’ngutang’ puluhan juta agar proses KBM tetap berjalan. Sebab, selama ini sumber anggaran pelaks­anaan KBM sekolah hanya mengan­dalkan dana BOS. Mengingat sekolah dilarang memungut biaya pendidikan. Sementara sekolah tidak memiliki sumber anggaran lain. (tur/ar/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *