METROPOLITAN – Wakil Bu­pati Sukabumi Adjo Sardjono ber­kunjung ke Kampung Wisata Han­jeli di Kampung Cekdam, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Rabu (12/9).

Hanjeli merupakan nama popu­ler di Jawa Barat (Sunda, red) atau yang dalam bahasa latin disebut Coix Lacyma-Jobi L. Ini merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian tropis dari suku padi-padian atau Poa­ceae.

Tanaman ini berasal dari Asia Timur dan Himalaya, namun se­karang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia seperti ke Indone­sia dan Kabupaten Sukabumi. Beberapa varietasnya memiliki biji yang dapat dimakan dan dija­dikan sumber karbohidrat dan obat.

Dalam kunjungan itu, Adjo me­nyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah membantu serta mendukung pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mendorong promosi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu hingga menjadi sebuah daya tarik untuk dikunjungi.­

”Saya apresiasi upaya masy­arakat yang salah satunya dengan membudidayakan ta­naman Hanjeli menjadi kegia­tan ekonomi kreatif sehingga dapat menumbuhkan Usaha Kecil Menengah (UKM) serta menjadikan tujuan objek wi­sata kuliner baru di Kabupaten Sukabumi,” kata Adjo.

Menurut Adjo, Hanjeli dapat menjadi pengganti nasi bahkan bisa diolah menjadi makanan lainnya sebagai bahan dasar. Ini dapat menjadi makanan khas Kabupaten Sukabumi untuk menarik pengunjung melakukan wisata kuliner baik wisatawan lokal maupun man­canegara.

”Yang paling penting adalah kegiatan ini mampu menum­buhkan Usaha Kreatif masy­arakat bahkan bisa menambah penghasilan untuk meningkat­kan perekonomian masyarakat Waluran dan umumnya di Kabupaten Sukabumi,” jelas Adjo. (hep/ade/mam/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here