96.859 Warga Terancam Tak Bisa Nyoblos

by -

METROPOLITAN – Surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP Elektronik (KTP-el) tidak bisa digunakan untuk memilih di pemilu 2019. Di Kabupaten Bogor sendiri, masih ada 96.859 warga yang sudah melakukan perekaman namun belum mencetak KTP-el.

“Yang belum rekam 8.538, belum cetak 96.859 dan yang sudah cetak 2.494.346,” kata Kepala Seksi Penyajian Pengelolaan Data Kependudukan pada bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Bogor, Tatik Yuswanti, kepada Metropolitan, kemarin.

Jika tidak ditindak lanjuti segera, mereka yang sudah melakukan perekaman namun belum mencetak KTPel terancam kehilangan hak pilihnya. Musababnya, sesuai Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, hanya mereka yang memiliki KTP-el yang bisa menyalurkan hak pilihnya. Suket sebagai pengganti tidak disebutkan sehingga kemungkinan tidak bisa digunakan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Mustaqim mengatakan, aturan pemilu 2019 berbeda dengan pilkada 2018. Di pilkada lalu, suket bisa digunakan pemilih sebagai pengganti KTP-el. “Mereka yang ingin memilih di pemilu 2019, berdasarkan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 itu tidak disebutkan menggunakan suket. Sementara ini masih merujuk itu.

Mereka yang bisa memilih hanya yang menggunakan KTP-el. Jadi di pasal itu tidak disebutkan suket. Tidak seperti di Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Jadi agak berbeda,” kata Mustaqim kepada Metropolitan. Mustaqim berharap Disdukcapil bergerak cepat memproses suket warga menjadi KTP-el.

Menurutnya, pemerintah telah menargetkan pada Desember 2018, warga yang  baru memiliki suket sudah bisa memegang KTP-el.“Kami sangat berharap Disdukcapil secepatnya menjadikan suket jadi KTP-el. Proses pemutakhiran daftar pemilih ini kan terus berlangsung sampai jelang 17 April nanti.

Pemerintah sendiri menargetkan Desember 2018 sudah selesai semua. Jadi mereka yang masih menggunakan suket sudah memiliki KTP. Kami juga sangat berharap komitmen pemerintah pusat mendorong Disdukcapil untuk menyelesaikan ini,” harapnya. (fin/b/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *