METROPOLITAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor ikut mencermati daftar pemilih untuk pemilu 2019. Mereka membuka Posko Pengaduan Hak Pilih sejak 1 Oktober hingga 10 November 2018. Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah mengatakan, Posko Pengaduan Hak Pilih ini dibuka hingga tingkat desa/kelurahan.

Tujuannya untuk memastikan tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya dan mewujudkan daftar pemilih berkualitas. “Harapannya daftar pemilih untuk pemilu 2019 berkualitas. Walaupun sampai satu bulan sebelum pungut dan hitung suara masih ada penetapan daftar pemilih khusus.

Intinya kami berharap DPT pemilu ini semakin berkualitas, tahapannya masih panjang. Sekarang pencermatan KPU, Bawaslu, peserta dan masyarakat,” kata Irvan kepada Metropolitan, kemarin. Dengan adanya posko pengaduan ini, Bawaslu berharap seluruh elemen masyarakat berpartisipasi aktif memanfaatkannya.

Selain mereka yang belum terdaftar, warga yang akan pindah memilih, ada keluarga yang meninggal hingga pemilih baru baik pemilih pemula maupun pensiunan TNI/Polri, untuk aktif melapor. “Misalnya ada tetangga yang belum masuk ke daftar pemilih bisa laporkan ke posko biar kami inventarisi  dan kemudian dicermati.

TNI/Polri yang akan pensiun atau ketika 17 April nanti baru pensiun bisa diurus juga dari sekarang. Jadi melapornya tidak harus pas di hari H dia pensiun. Termasuk pemilih baru. Artinya yang paling muda itu kan 17 April 2019 pas menginjak usia 17 tahun.

Kalau dokumennya jelas, nanti akan kita inventarisasi dan lakukan pencermatan agar masuk daftar pemilih,” ungkapnya. Menurut Irvan, data pencermatan Bawaslu ini nantinya bisa memperkaya hasil pencermatan yang sedang dilakukan KPU. Bawaslu juga akan memaksimalkan pencermatan ini lewat sosialisasi-sosialisasi yang akan dimulai bulan ini.

“Sama fungsinya dengan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Kami juga buka posko, jadi nanti datanya lebih kaya dan bisa jadi data pembanding. Di bulan ini akan ada juga sosialisasi di tingkat Panwascam. Nanti pesertanya masyarakat luas dan di situ kami informasikan. Jadi dimaksimalkan,” pungkasnya. (fin/b/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here