METROPOLITAN –  1. Lakukan riset terhadap situs belanja online

Tips ini harus Anda lakukan jika Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang jarang Anda gunakan. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Jika tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google kemudian masukkan nama situs website tersebut. Carilah ulasan dari kon­sumen yang pernah berbelanja.

  1. Lihat kebijakan situs be­lanja online terhadap data pribadimu

Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web terse­but boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Baca juga ke­bijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat se­cara fisik, harus ada garan­si jika barang yang Anda te­rima ternyata cacat.

  1. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi pro­duk baik-baik

Tips aman ketiga adalah pe­riksa paket barang dan bacalah deskripsi produk dengan cermat. Waspadalah pada barang berme­rek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar. Bisa jadi barang tersebut palsu, atau pen­jualnya sekadar ingin mendapat­kan uangmu.

  1. Jangan mudah tergoda barang murah

Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemi­lik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Tapi hati-hati, spam­mer bisa juga merayu.(lip/suf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here