METROPOLITAN – Tim seleksi (timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jawa Barat (Jabar) telah menyelesaikan beberapa tahapan seleksi. Terbaru, mereka telah merampungkan tes tertulis menggunakan komputerisasi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) di Bandung, beberapa hari lalu.

Untuk Kota Bogor, ada dua pendaftar dari incumbent yang lolos CAT dan siap melaju ke seleksi selanjutnya untuk bertarung dengan peserta lain. Informasi yang dihimpun, dua incumbent tersebut yaitu Bambang Wahyu dan Samsudin. Saat ini, Bambang Wahyu menempati posisi Komisioner KPU Kota Bogor Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, sementara Samsudin menempati posisi Komisioner Divisi Teknis.

“Alhamdulillah saya lolos CAT kemarin. Dari KPU Kota Bogor ada dua yang ikut seleksi lagi, saya dengan Pak Samsudin. Alhamdulillah dua-duanya lolos,” kata Bambang Wahyu kepada Metropolitan, kemarin. Setelah lolos tes tulis, keduanya masih harus mengikuti serangkaian tes lagi dan bersaing dengan sekitar 28 pendaftar lainnya.

Terdekat, mereka akan mengikuti tes psikologi yang rencananya digelar pada Jumat (12/10). “Harapannya di psikotes juga lolos. Psikotes ini kan menguji sejauh mana porsi sebagai tim dan personal saat bertugas nanti,” terangnya. Bambang melanjutkan, sistem rekrutmen yang saat ini berjalan sudah terbilang bagus. Setiap selesai tes, peserta langsung bisa melihat hasilnya.

Dirinya pun optimis bisa lolos pada seleksi-seleksi selanjutnya “Masih ada beberapa tes lagi. Psikotes nanti disaring menjadi sekitar 20 orang, tes kesehatan sepuluh orang, baru nanti dikerucutkan menjadi lima yang terpilih. Mohon doanya saja semoga lolos,” ungkap Bambang. Saat ditanya soal peluang incumbent terpilih kembali, Bambang mengaku semua punya kesempatan sama.

Hanya saja incumbent memang lebih berpengalaman dalam hal pemecahan masalah untuk tahapan penyelenggaraan hingga manajeman logistik hingga kelembagaan. Sebelumnya, timsel calon anggota Jabar telah merampungkan tes tertulis. Hasilnya, sejumlah peserta mulai berguguran, termasuk untuk pendaftar calon anggota KPU Kota dan Kabupaten Bogor.

Timsel Wilayah II Jabar yang meliputi Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Bandung, Yusfitriadi, mengatakan bahwa timsel mengambil 30 orang dengan nilai tertinggi di tes tertulis kali ini. Artinya, ada sepuluh peserta dari Kabupaten Bogor yang dicoret dan tujuh peserta dari Kota Bogor. “Kami ambil 30 orang, jadi yang dicoret untuk KPU Kabupaten Bogor ada sepuluh orang.

Begitupun untuk Kota Bogor, diambil 30 peserta,” kata lelaki yang akrab disapa Kang Yus. Selanjutnya mereka yang lolos tes tulis akan mengikuti tes psikologi yang rencananya akan digelar Jumat (12/10) di Bandung. Tes ini melibatkan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) yang kemudian akan menjaring 25 peserta untuk mengikuti tahapan sebelumnya. “Tes psikologi dijadwalkan Jumat ini bekerja sama dengan Himpsi. Nanti akan diambil 25 orang untuk ikut tes selanjutnya,” terangnya. (fin/b/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here