METROPOLITAN – Bogor memang mempunyai se­gudang objek wisata yang menarik. Selain tempat wi­sata keluarga, wisata bermain anak-anak, air terjun, pemandian air panas juga menyimpan sederet objek wisata sejarah.

Tak heran jika daerah yang dekat ibu kota negara itu banyak dikunjungi wisatawan, baik dari Jakarta maupun daerah di sekitarnya, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Namun tahukah Anda jika Bogor memiliki gua yang umumnya hanya ada di pesisir pantai?

Masyarakat setempat menyebutnya Gua Gudawang. Untuk mencapai gua di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Bogor ke arah Leuwiliang.

Saat memasuki kawasan Gua Gudawang, pengunjung disambut alunan musik tradisional kecapi suling. Hal ini membuat suasana menjadi sangat nyaman, setelah menempuh perjalanan panjang yang cukup melelahkan.

Gua Godawang menjadi menarik untuk dikunjungi lantaran di sekitar gua ini ditemukan ba­nyak gua lain­nya. Gua terse­but antara lain Gua Simenteng, Gua Simasigit, Gua Sipaheng, Gua Ci­menteng, Gua Ciaul, Gua Cigaraan, Gua Cikondang, Gua Leguk Picung, Gua Ciparat, Gua Sigoong dan Gua Cielong.

Nama Gudawang sendiri be­rasal dari “Kuda Lawang” yang memiliki arti buntut ekor kuda yang dikepang. Konon, dulu gua alami dari proses sedimentasi ini kerap didatangi sejum­lah pendekar dari tanah Pasundan. (lip/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here