METROPOLITAN – Kabar menge­jutkan datang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Informa­sinya, Kemenristekdikti menutup beberapa program studi, menyusul adanya kelebihan ketersediaan guru dari Lembaga Pendidikan Te­naga Kependidikan (LPTK).

Sekadar diketahui, ada tiga jenis guru, yaitu guru produktif, adaptif dan normatif. Guru produktif adalah guru yang mengajar pada bidang tertentu yaitu bidang kekhususan, misalnya bidang keteknikan, perta­nian dan sains. Guru adaptif adalah guru yang mengajarkan kemam­puan dasar yaitu tentang matema­tika, kimia dan biologi.

Sedangkan guru normatif mengajar pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bimbingan Kon­seling. ”Guru produktif sangat kurang, guru adaptif juga masih kurang, guru normatif ini (jumlahnya) sangat ber­lebihan. (Guru bidang) Konseling ini (jumlahnya) sangat berlebihan, kami tutup yang ini dulu,” kata Menristek­dikti, M Nasir.

Menurut dia, penutupan ini atau moratorium sudah dimulai sejak akhir 2017. Kalau tidak salah diaplikasikan untuk prodi konseling yang pihaknya tindak akan berikan izinnya. ”Untuk program studi ilmu pendidikan kami nggak akan berikan itu. Kalau dia akan buka bidang pendidikan fisika silakan, pendidikan teknik mesin silakan, pen­didikan pertanian silakan, kami buka terus,” terangnya.

Nasir menyebut pihaknya sudah mengumpulkan semua LPTK dan menjelaskan bahwa program studi yang diberikan izin hanya program yang mendukung kompetensi lulusan SMK ke depan. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemen­dikbud) terkait hal ini. ”Ini kerja sama antara Kemendikbud. Mereka karena menyampaikan pada saya ’Pak Men­teri yang bidang produktif kurang sekali’. Bahkan mereka melakukan training adaptif ke produktif ternyata nggak selesai juga. Ini harus kita ku­liahkan lagi,” ungkap Nasir.

LPTK adalah lembaga yang ber­wenang untuk mengelola Program Pendidikan Guru (PPG). Dalam pelaksanaannya, LPTK berada di bawah Direktorat Jenderal Pembe­lajaran dan Kemahasiswaan (Bel­mawa) Kemenristekdikti.(det/rez/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here