Pemkot Pindahkan Pusat Pemerintahan

by -

METROPOLITAN – Pemindahan pusat Pemerintahan Kota Sukabumi dari Ke­camatan Cikole ke Kecamatan Cibeu­reum tampaknya semakin digarap serius. Rencananya pada 2020, pembangunan gedung DPRD dan Sekretariat DPRD bakal dibangun untuk mem­perlihatkan keseriusan pemin­dahan tersebut.­

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapenda) Kota Sukabumi Rudi Djuansyah mengungkap­kan, pemindahan pusat pe­merintahan ke wilayah Keca­matan Cibeureum ini dipandang harus segera dilakukan. Meng­ingat berbagai faktor mulai dari kepadatan lalu lintas, tata ruang kota dan lainnya sudah tidak sesuai.

“Harus segera dilakukan un­tuk pemindahan pusat pemerin­tahan ini. Rencananya Pemerin­tah Kota Sukabumi di awal akan membangun dulu gedung DPRD dan sekretariatnya untuk mem­perlihatkan keseriusan kepada pemerintah pusat,” ungkapnya, belum lama ini.

Tahun depan, lanjut Rudi, master plan pusat pemerinta­han baru ini akan dibuat. Selain itu, di tahun yang sama juga bakal ada penambahan tanah. Ditargetkan luasan tanah seluruh pusat pemerintahan baru ini mencapai 15 hektare.

“Saat ini, lahan baru tersedia sekitar tujuh hektare. Tahun de­pan bakal ada penambahan kembali tiga hektare. Sedangkan untuk jumlah kebutuhan ang­garan secara keseluruhan men­capai Rp360 miliar,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Su­kabumi Achmad Fahmi meng­inginkan pada 2020 pembangu­nan pusat pemerintahan itu mulai dilaksanakan. Selian itu, seluruh pembangunan infra­struktur lainnya juga diharap­kan selesai tepat waktu. “Mim­pi saya pada 2021 itu pusat pemerintahan sudah pindah ke Cibeureum,” ungkapnya. (rs/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *