MERTOPOLITAN – Bojonggede , Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor memoni­toring Kampung Gedong, RW 10, Ke­camatan Bojonggede, usai menerap­kan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Koordinator BKM Desa Bojonggede, Jayadi, memaparkan, pembangunan drainase dan pengaspalan tersebut diha­rapkan mampu memacu masyarakat lebih produktif. “Untuk di Kampung Ge­dong RW 10 kini telah tersentuh pembangu­nan drainase dan hotmiks dengan skala lingkungan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Satuan Kerja Tim Penanganan In­frastruktur Permukiman (PI ) DPKPP Kabupaten Bogor, Yanto Pradipta, berharap program Kotaku mampu meningkatkan kualitas pemukiman. Begitu pula dengan warga yang harus mampu memelihara lingkungannya.

”Kotaku merupakan program pen­cegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh, dengan target tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan. Program tersebut diharapkan bisa dirasakan masyara­kat,” terangnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Desa Bojonggede, Tim Inti Perenca­naan Partisipatif (TIPP), Joko Sutrisno, menjelaskan, pihaknya merasa ter­bantu karena tim bisa memantau langsung ke lapangan. Dengan kun­jungan ini, ia mampu mengejar pe­kerjaan tahun ini yang hanya tereali­sasi 80 persen. “Di Kampunggedong RW 10 Desa Bojonggede, pekerjaan hanya terealisasi 80 persen. Yang be­lum hanya di lima RT dan menyisakan pekerjaan 20 persen,” pungkasnya. (khr/a/mam/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here