METROPOLITAN-Pemerintah Kelurahan Batutulis sukses merealisasikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 77 penerimamanfaat. Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Batutulis, Ade Suhendar mengatakan, dari seluruh bantuan tersebut terbagi menjadi tiga bantuan.

”20 unit program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dan 25 unit lain merupakan bantuan Gubernur Jawa Barat, dan 32 unit dari APBD Kota Bogor, ” tuturnya kemarin.

Ade manambahkan, program BSPS tersebar di RW06, 09 dan 08 dengan nominal bantuan per unit Rp15 juta. Sementara, untuk bantuan Gubernur Jabar tersebar di RW02, 03, 06, 07, 08,dan 09.

”Adapun, bantuan RTLH APBD Kota Bogor tersebar merata diwilayah Kelurahan Batutulis,” paparnya.

Informasi terhimpun, selain penyerapan bantuan RTLH, pemerintah setempat juga berhasil meningkatkan usaha ekonomi kreatif. Seperti, pengelolaan usaha jajanan cireng, hingga pembuatan miniatur icon kota besar di Indonesia.

Seperti usaha yang dilakoni Wawang Sunarya, warga RT02/03 Gang Jaya Tunggal. Walau ia memiliki kekurangan (difabel, red), beragam upaya tak melemahkan tekadnya yang kuat.

Alhasil, usaha pembuatan miniatur berhasil dikerjakan, dan saat ini hingga dikenal diwilayah Jabodetabek. Harga yang dipasarkan pun relatif murah. Mulai dari Rp40.000 hingga Rp100.000, dengan beragam ukuran dan modelnya. (yos/b/yok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here