METROPOLITAN – Cigombong , Untuk menambah minat baca bagi anak sekolah maupun masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor menggelar Gebyar Perpustakaan Keliling (Pusling) 2018 di halaman kantor Kecamatan Cigombong.

Selain itu, pihaknya juga menggelar sosialisasi terkait pentingnya keberadaan perpustakaan yang dihadiri muspika, kader PKK, kepala desa se-Kecamatan Cigombong. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, Soebiantoro, mengatakan, sosialisasi terhadap perpustakaan keliling (pusling) merupakan kegiatan kali pertama diadakan di kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat dan peserta didik.

”Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk meningkatkan minat baca, tapi juga dilakukan dengan praktiknya. Mengapa, sebab jika hanya dijadikan sebagai tempat baca, nanti apa yang akan dilakukan. Jadi, harus ada output-nya seperti buku yang dibaca itu buku baju, nah bagaimana cara praktiknya, ya kita praktikkan,” bebernya.

Soebiantoro menegaskan, Gebyar Pusling di kecamatan ini sebagai bentuk usulan untuk pendirian perpustakaan di setiap desa. Nantinya pihak kecamatan akan mendapat pendampingan langsung dari pustakawan. ”Jadi, selain ada manfaat bagi masyarakat Kecamatan Cigombong, juga bisa memperlihatkan bahwa inilah kades perpustakaan yang baik dan tak perlu jauh datang ke Cibinong,” ujarnya.

Terkait bantuan buku bagi pemerintah desa, lanjut Soebiantoro, itu bisa dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD). Hal ini sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 19 untuk Pustakades. ”Bisa diambil dari ADD dan itu jelas sesuai UU tersebut. Sementara untuk pendampingannya nanti akan kami gabung dengan anggaran dari Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Cigombong, Basrowi, berharap kegiatan sosialisasi ini bisa mendorong anak didik maupun masyarakat, khususnya di Cigombong, gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

”Program Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor ini sangat bermanfaat. Karena itu, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin dengan meningkatkan minat baca dan ikut ambil bagian dalam pembangunan di wilayah ini,” harapnya. (nto/b/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here