Bawaslu Jabar Ingin Hadirkan Pemilu Bersih dari Politik Uang

by -3 views

METROPOLITAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) menggelar sosialisasi pemilihan umum (pemilu) bersih dan berintegritas di area Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, kemarin.

Dalam kegiatan itu, Bawaslu Jabar mengajak stakeholder pemilu 2019, termasuk seluruh masyarakat Jabar, menghadirkan kompetisi jujur dan adil pada pemilu 2019. Kegiatan itu dihadiri seluruh stakeholder pemilu 2019, di antaranya Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah daerah, Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, kejaksaan, peserta pemilu dan masyarakat yang memadati area CFD Dago.

”Melalui kegiatan ini, kami ingin menghadirkan pemilu 2019 bersih dari praktik politik uang, kampanye hitam, kampanye hoaks dan kampanye yang terbebas dari nuansa kebencian,” kata Ketua Bawaslu Jabar Abdullah di sela-sela kegiatan. ”Kami juga berharap ada dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menjaga kualitas pemilu bersih dan berkualitas,” ujarnya.

Abdullah menuturkan, kampanye pemilu 2019 bersih dan berkualitas tersebut menjadi salah satu upaya mencegah berbagai pelanggaran yang berpotensi terjadi selama pelaksanaan pemilu 2019. Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu, Jabar menjadi salah satu provinsi yang masuk kategori rawan sedang.

”Kami berkomitmen melakukan langkah-langkah pencegahan agar indikator kerawanan tadi bisa kita atasi dengan mengajak seluruh elemen pemilu, termasuk masyarakat, menghadirkan kompetisi pemilu dengan cara-cara bersih, jujur dan adil,” tutur Abdullah. Bawaslu Jabar, ungkapnya, juga berharap pemilu 2019 tidak memicu perpecahan di masyarakat.

Sebaliknya, harus hadir semangat kebersamaan dalam pelaksanaan pemilu 2019 yang merupakan hajat politik seluruh masyarakat Indonesia. ”Jadikanlah pemilu 2019 sebagai pemilu bermartabat, terbebas dari isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) dan berbagai pelanggaran lainnya.

Kita adalah satu bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pemilu adalah hajatan bersama, sehingga penting untuk menghadirkan semangat kebersamaan tadi,” pungkasnya. (snc/sal/run)