METROPOLITAN – 1. Membuat Anggaran Bulanan

Banyak orang yang menyepelekan anggaran bulanan. Padahal, anggaran bulanan menjadi kunci utama agar finansial tetap sehat.

  1. Manfaatkan Promo

Ada banyak promo belanja yang bisa dimanfaatkan. Pemberian promo biasanya terjadi pada akhir pekan, awal bulan, ataupun akhir bulan.

  1. Hindari Belanja Setiap Hari

Pertanyaannya, “mengapa?” Karena belanja setiap hari akan membuat Anda lebih boros jika dibandingkan belanja secara berkala, misalnya mingguan atau bulanan.

  1. Selalu Gunakan Uang Tunai

Transaksi dengan uang tunai terbukti bisa menghemat pengeluaran. Kenapa? Sebab, jumlah uang yang berkurang langsung kelihatan

  1. Simpan Bukti Transaksi

Bukti transaksi bisa Anda dapatkan, baik saat transaksi tunai maupun nontunai. Untuk mengontrol keuangan, alangkah baiknya jika Anda selalu menyimpan bukti transaksi.

  1. Hindari Gengsi saat Berbelanja

 Bisa dikatakan kalau tingkat gengsi manusia zaman sekarang jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu. Gengsi inilah yang membuat keuangan cepat menipis.

  1. Lunasi Cicilan Setiap Bulan

Apakah Anda punya kewajiban yang harus dibayar setiap bulan? Kalau “iya”, bayarlah kewajiban itu tepat waktu. Hindari kebiasaan menunda-nunda pembayaran agar tidak terjebak utang. (oke/suf/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here