METROPOLITAN – Dinas Pen­didikan (Disdik) Kabupaten Su­kabumi mengapresiasi program Pendidikan Kecakapan Wirau­saha (PKW) PKBM Fikri di Kam­pung Papisangan, RT 17/05, Desa Pondokaso Tonggoh, Keca­matan Cidahu. Sebab, animo peserta didik yang mengikuti PKW cukup tinggi untuk menumbuh­kan jiwa wirausahawan.

”Kami harap dengan praktik perbengkelan akan tumbuh wirausahawan. Selain siswa dikenalkan perihal perbengkelan juga dilaksanakan praktik. Dis­dik akan mendorong kegiatan tersebut dan berharap adanya campur tangan dinas lain dalam pengadaan keperluan usaha perbengkelan,” kata Kepala Seksi Kursus dan Pelatihan Dis­dik Kabupaten Sukabumi Yayan Suryaman saat melihat langsung praktik siswa, kemarin.

Yayan mengaku optimis PKBM Fikri akan melahirkan wirau­sahawan muda yang mampu membuka peluang usaha. Ken­dati begitu, ia tidak memun­gkiri masih banyak yang harus dibenahi. Sehingga selepas mengikuti pendidikan, seluruh siswa bisa melanjutkan usaha­nya. ”Di sini ruang praktik dan peralatan belum terpenuhi. Begitu juga dengan ruang lain untuk menunjang kegiatan siswa,” jelasnya.

Ketua PKBM Fikri Ade Muhtar Solihin mengakui lembaganya masih banyak membutuhkan bantuan. Selain peralatan dan ruang praktik juga hal lain. Me­reka berharap dinas instansi lainnya berperan aktif mendu­kung upaya PKBM Fikri dalam mencetak wirausahawan yang mumpuni. ”Guna memenuhi kebutuhan kami, mohon dinas instansi terkait berperan aktif agar siswa didik menjadi wirau­sahawan,” pungkasnya.

Dari pemantauan Metropoli­tan, kendati kekurangan sarana prasarana, animo siswa didik PKBM Fikri melaksanakan prak­tik begitu tinggi. Apalagi praktik dengan instruktur dari BLK Disnakertrans Kabupaten Su­kabumi terlihat proaktif menga­jar. (hid/els/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here